Wujudkan Kota Ramah Lansia, Pemkot Malang Gencarkan Fasilitas Pelayanan Kesehatan | SATUKANAL.COM
Malang

Caption: Aktivitas para lansia di Kadoea Senior Living by Rukun. (Foto: Istimewa)

Satukanal.com, Kota Malang – Pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan bagi lansia di Kota Malang terus ditingkatkan.

Hal ini sesuai dengan komitmen Kota Malang untuk menjadi kota yang ramah akan lansia, serta menjadikan lansia di Kota Malang sebagai individu yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat.

“Kami menginginkan lansia tetap sehat secara fisik dan mental. Menuju Kota Malang sebagai kota ramah lansia, Puskesmas sudah memenuhi standar pelayanan baik itu seperti Posyandu lansia lewat BPJS,” jelas Wali Kota (Walkot) Malang, Sutiaji, Sabtu (18/6/2022).

Pemenuhan standar pelayanan kesehatan bagi lansia yang baik menjadi suatu hal yang penting. Terlebih, kata Sutiaji, di usia senjanya para lansia harus aktif melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Baca Juga :  Bakal Jadi 5 Unit, Tak Lama Lagi Tiap Kecamatan di Kota Malang Miliki Bus Macito

“Lansia yang sakit di masa pandemi kemarin karena komorbid masih di bawah satu persen, sehingga dilihat Angka Harapan Hidup (AHH) di Kota Malang mengalami peningkatan,” beber Sutiaji.

Lansia Kota Malang sendiri telah terfasilitasi dengan berdirinya hotel khusus lansia yakni Kadoea Senior Living by Rukun yang berada di Jalan Veteran.

Beberapa fasilitas yang diberikan untuk para lansia yakni berupa day care, home service, hingga senior club.

“Layanan kami bermacam-macam, ada paket-paketnya, dan bisa juga menginap kalau orang tua (lansia) mau ditinggal ke luar kota. Kita menerima permintaan mau dilayani apa saja, ada total care yang fasilitasnya bed standar rumah sakit, karena pasien biasanya total tidak bisa bergerak atau parsial, membutuhkan bantuan,” ujar SPV Supporting Kadoea Senior Living by Rukun, Eviatun Hhaeriah.

Baca Juga :  Pelatih Arema FC: Kunci Keberhasilan adalah Kerja Keras Pemain Juara Piala Presiden 2022

Selain perawatan, hotel lansia ini juga memiliki layanan beraktivitas untuk para lansia seperti senam lansia, berkebun, melukis, menyulam, rekreasi, hingga kerohanian yang disesuaikan dengan kebutuhan para lansia.

Tak hanya itu, demi mencegah para lansia mengalami demensia, beberapa permainan seperti bingo pun turut dihadirkan. (ADV)

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi