SATUKANAL.COM
Sumber sira
Tim Satukanal.com mahasiswa UTM (Universitas Trunojoyo Madura) bersama Bapak Abdidin Fahlefi. Foto: Fiiki)
BERITA Malang Raya

Lakukan Fungsi Pemberdayaan, Wisata Sumber Sira Malang Jadi Sumber Penghasilan Puluhan Warga Lokal

Satukanal.com, Kabupaten Malang –  Sumber Sira Kabupaten Malang merupakan salah satu wisata alam yang banyak dipilih keluarga di libur akhir pekan. 

Wisata alam yang berlokasi di Gondanglegi Kabupaten Malang tepatnya di Desa Putukrejo, memiliki sumber mata air yang begitu jernih sehingga sukses mengundang para wisatawan untuk berkunjung di Sumber Sira ini. 

Ditambah, lokasi wisata yang masih asri dan sejuk ini, juga cocok untuk piknik keluarga. Sehingga, wisatawan bisa menikmati makanan sambil melihat hamparan sawah sepanjang mata memandang.

Ketua pengelola, Abdidin Fahlefi, mengungkapkan bahwa objek wisata ini dibuka sejak tahun 2015. “Kalau dibukanya untuk wisata umum itu kan dimulai dari tahun 2015 atas usulan warga dan diajukan ke kantor desa. Lalu itu bertepatan dengan instruksi dari kecamatan untuk program BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” pungkasnya. 

“Setelah itu, langsung kita mengurus surat-surat perijinan, dan diresmikan di tahun 2015 itu juga,” lanjutnya.

Fasilitas yang ada Di Sumber Sira

Sejumlah fasilitas penunjang di Sumber Sirah pun dibangun bertahap, mulai dari gazebo, kamar mandi, hingga pusat kuliner.

Dengan berkembangnya wisata alam Sumber Sira ini, ternyata menjadi sumber penghasilan bagi warga lokal sekitar, khususnya bagi warga Desa Putukrejo.

Hal itu tentunya didasari dengan kebutuhan kepengelolaan dan pengurusan untuk tetap menjaga kelestarian wisata Sumber Sira. Dimulai dari penjaga warung hingga petugas kebersihan semua merupakan pekerja warga lokal Desa Putukrejo. 

“Kalo yang kerja disini sangat signifikan karena pendapatannya bisa setiap hari. Kalau dulunya pendapatannya tidak setiap hari. Setelah kerja disini bisa punya pendapatan setiap hari karena kan namanya wisata alam pasti banyak yang berkunjung, jadi penghasilannya bisa dari situ,” tuturnya. 

Selain itu, fasilitas yang terdapat di Sumber Sira ini berupa sewa ban untuk River Tubing dan peralatan snorkeling, ada juga kios yang yang menyewakan pakaian renang, case waterproof kamera, kacamata renang, dan juga perlengkapan lain. 

Kios-kios yang ada di sekitar lokasi wisata juga menjual snack, serta berbagai jenis makanan rumahan lain. Cukup untuk pengunjung mengganjal perut yang keroncongan setelah berenang dan bermain air. 

Sumber Sira
Kios di Wisata Sumber Sira Putukrejo (Foto: Silvia)

Fasilitas lain yang ada, adalah kamar mandi umum dan toilet. Keduanya digunakan gantian dengan biaya Rp 1.000 hingga Rp 3.000.

Kamar mandi juga disediakan area ganti dan bilas setelah berenang. Sayangnya, belum ada penginapan di daerah wisata Sumber Sira, mengingat tempat wisata ini memang hanya buka hingga pukul 5 sore saja setiap harinya.

 

Pewarta: Mewinsta
Editor: Tim Mahasiswa UTM

Kanal Terkait

Satukanal.com