SATUKANAL.COM
Wisata Sumber Sira
Tim satukanal.com mahasiswa UTM (Universitas Trunojoyo Madura) bersama Bapak Abdidin Fahlefi (Foto: Fiki)
Kanal Highlight BERITA Malang Raya

Jadi Jujukan Healing Under Water, Wisata Sumber Sira Cocok untuk Menjadi Salah Satu Pecinta Kegiatan Snorkeling

Satukanal.com, Kabupaten Malang Wisata Sumber Sira merupakan salah satu wisata yang berada di daerah Kabupaten Malang dan wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka menyelam dan melihat keindahan biota alam di dasar sumber air.

Ini menjadi keunikan tersendiri karena di dasar sumber air tersebut terdapat ratusan ganggang yang indah.

Lokasi Wisata Sumber Sira

Lokasi wisata ini berada di Jalan Sunan Gunung Jati, RT.05/RW.02, Putukrejo, Gondanglegi, Putukrejo, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65174.

Abdidin Fahlefi yang berasal dari desa Putukrejo dan beliau selaku kepala pengurus dari wisata tersebut dan telah menjabat selama 3 tahun. Beliau menceritakan bahwa dulu wisata ini terdapat sejarahnya.

Wisata Sumber Sira
(wisata sumber sira. Foto: Silvia)

Sejarah dari wisata ini bermula dari seorang petapa yang bernama Basirajuddin, salah satu panglima perang dari kerajan Demak bertapa di sumber air tersebut dan sumber air ini diambil dari nama beliau sira yang di dalam Bahasa Indonesia memiliki arti kepala.

Wisata Sumber Maron

“Karena nama sira bertepatan dengan sumber yang berada di dataran tinggi dan mengaliri beberapa desa di bawahnya, termasuk air di wisata sumber maron yang di biasa untuk wisata arum jeram,” ungkapnya.

Wisata sumber maron
(wisata sumber maron)

Wisata ini telah memiliki fasilitas seperti gazebo, musholla, kamar mandi, warung makan dan penyewaan ban.

“Gazebonya itu free, cuman kalo ada rombongan harus konfirmasi dulu untuk reservasi, karena kalau hari weekend biasanya rebutan,” ucap Abdidin.

Sumber Sira
(tumbuhan ganggang wisata sumber sira. Foto: Silvia)

Wisata ini telah mempekerjakan warga di desa Putukrejo sendiri mulai dari warung, pengelola, petugas parkir hingga petugas piket.

“Warga desa yang bekerja di wisata ini sekitaran 27 orang,” ujarnya.

Dengan adanya wisata ini, angka pengangguran di desa Putukrejo berkurang dan membantu perekonomian warga sekitar.

Soal makanan jangan khawatir, pengelola telah menyediakan sebanyak 11 warung makanan. Warung ini menyediakan berbagai makanan seperti pecel, mie goreng, soto dan berbagai macam. Selain makanan berat, warung makan di wisata ini menyediakan berbagai macam snack juga.

Tenang saja, wisata Sumber Sira ini sangat bersih karena setiap hari ada petugas piket yang telah ditugaskan membersihkan.

“Untuk petugas kebersihan setiap hari, untuk pengelola terjadwal. Untuk piketnya ada 3 pengelola jadi di jadwal 1 hari 1 petugas. Kecuali hari weekend dan hari libur nasional kita bareng-bareng untuk piket bersama.”

Di dalam wisata ini juga telah mencantumkan larangan agar tidak menginjak tumbuhan ganggang, menangkap ikan dan telah disediakan juga pembatas agar pengunjung tidak menginjak-injak ganggang yang ada di dasar air tersebut.

“Ada juga sebagian tidak kita kasih pembatas supaya para pengunjung dapat berfoto dengan tumbuhannya,” ungkapnya.

Sumber Sira
(tumbuhan ganggang wisata sumber sira. Foto: Silvia)

Wisata Sumber Sira ini dibuka pada pukul 08.00-16.00 WIB untuk hari kerja dan pukul 07.00-17.00 WIB untuk hari libur Nasional maupun hari weekend.

“Untuk liburnya tidak ada libur, akan tetapi pada bulan puasa kita akan tutup full 1 bulan penuh,” terangnya.

Harga tiket wisata ini sangat terjangkau, hanya bermodalkan Rp 5.000 saja untuk satu orang saja loh. Sesampainya di pintu loket masuk, kamu harus berjalan kaki dulu ke bawah mengikuti jalan agar sampai di pusat mata air Sumber Sira Kabupaten Malang ini.

 

 

(Faishal)

Kanal Terkait

Satukanal.com