SATUKANAL.COM
Wisata Sumber Sira
Pintu Masuk Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang (foto: Tim Mahasiswa UTM)
BERITA Malang Raya

Wisata Sumber Sira Jadi Branding Desa, Dikenal Hingga Wisatawan Mancanegara

Satukanal.com, Kabupaten Malang – Wisata Sumber Sira Jadi Branding Desa. Hal ini bukan tanpa alasan, lantaran wisata sumber sira yang menyimpan begitu banyak kekayaan alam. Sehingga hal ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang menyuguhkan banyak sekali destinasi wisata baru yang seakan tidak ada habisnya. Mulai dari destinasi wisata alam, kuliner, sampai dengan belanja.

Kabupaten Malang menyuguhkan apa yang banyak dicari oleh wisatawan. Contoh wisata alam yang banyak dipilih keluarga di waktu libur akhir pekan salah satunya adalah Sumber Sira Malang.

Sumber Sira, Malang ini lokasinya berada di Jl. Sunang Gunung Jati, RT.05/RW.02, Putukrejo, Gondanglegi, Jawa Timur. Waktu operasionalnya, setiap hari mulai pukul 07:00 pagi hingga 05:00 sore.

Wisata Sumber Sira Jadi Branding Desa, Menyimpan Panorama Alam yang Masih Terjaga Keasriannya
wisata sumber sira jadi branding desa
Pemandangan Bawah Air Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang (foto: Tim Mahasiswa UTM)

Di Wisata Sumber Sira, banyak kegiatan seru yang dapat kalian lakukan di sini. Hal ini di ungkapkan langsung oleh Bapak Kepala Desa Putukrejo, Kecamatan Gondang Legi, Kabupaten malang. Bapak Achmad Zainul Achyar.

“Sumber Sira ini sangat cocok untuk Snorekeling, karena pemandangan bawah air yang sangat indah. Air yang sangat jernih, ditambah dengan rumput ganggang yang tumbuh dengan subur. Menjadikan pemandangan bawah air wisata ini sehingga sangat recommended untuk dikunjungi”

Peneliti dari Universitas Brawijaya Malang, menyatakan bahwa air di Sumber Sira dapat diminum langsung tanpa melalui proses pemasakan. Hal ini membuktikan bahwa air di Sumber Sira sangat jernih dan masih terjaga keasriannya.

Di dalam air yang jernih tersebut, terdapat tumbuhan ganggang (rumput ganggang). Tumbuhan hijau yang memiliki ketinggian sekitar 30 hingga 80 cm tersebut, membuat pemandangan dasar Sumber Sira sangat indah.

Tidak hanya itu saja, Sumber Sira bisa dimanfaatkan untuk beragam kegiatan seru. Seperti berenang, river tubing, foto underwater, dan menikmati suasana yang asri khas pedesaan.

“Untuk hari biasa pengunjung yang datang ke Sumber Sira bisa menyentuh angka 300 orang, sedangkan saat weekend bisa mencapai kurang lebih 1000 orang. Bukan hanya dari warga lokal, banyak artis bahkan juga bule (wisatan asing) yang datang untuk menikmati pemandangan bawah air di Wisata Sumber Sira” Jelas Kepala Desa Putuk Rejo.

Pantas saja wisata ini menjadi branding desa, karena keindahan pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Untuk kalian yang bisa ataupun tidak bisa berenang, Sumber Sira merupakan lokasi yang asyik untuk basah-basahan. Pasalnya, airnya tidak terlalu dalam dan juga jernih.

wisata sumber sira jadi branding desa

Kolam Renang Wisata Sumber Sira 

Pada bagian atas Sumber Sira, terdapat kolam yang dibuat khusus untuk anak-anak, sehingga para Orang Tua tak perlu khawatir jika buah hatinya ingin berenang akan tetapi ada ketakutan jika membiarkannya berenang di Sumber Sira yang luas. Dengan kolam renang khusus untuk anak tersebut, dapat membuat orang tua dan anak berenang dengan nyaman.

Bagi kalian yang tidak bisa berenang, jangan berkecil hati. Karena kedalaman air di Wisata Sumber Sira bervariasi dan merupakan lokasi yang sangat seru untuk belajar . Ada penyewaan ban yang menyediakan mulai dari ukuran kecil, sedang, dan juga jumbo dengan kisaran harga 5-10 ribu rupiah.

Ada juga lintasan tubing, dengan panjang kira-kira 100 meter. Namun, meskipun jaraknya bisa dibilang sangat pendek, sudah cukup untuk mengobati rasa kangen jika ingin melakukan river tubing. Memang bisa dibilang bukan tubing yang menantang adrenalin, tapi cukup untuk keseruan bersama dengan teman-teman. Kalian akan merasakan sensasi terayun-ayun oleh riak air.

Sementara itu foto underwater juga hal yang tidak boleh dilewatkan ketika datang ke Sumber Sira. Tapi, usahakan untuk datang saat weekdays atau hari aktif. Pasalnya, saat akhir pekan Sumber Sira memiliki pengunjung yang membludak. Jadi, untuk bisa foto underwater sepertinya agak susah jika saat akhir pekan.

Hal lain yang yang dapat kalian nikmati di Sumber Sira adalah menikmati suasana pedesaan yang sangat asri. Di sekitaran lokasi ada sawah dan juga pepohonan yang membuat Sumber Sira jadi sangat nyaman untuk dikunjungi.

wisata sumber sira jadi branding desa
Pemandandangan Asri Sumber Sira foto: Tim Mahasiswa UTM

Panorama padi yang hijau ataupun menguning selalu jadi spot asyik untuk dijelajahi. Tak heran wisata Sumber Sira jadi branding desa Putuk Rejo, Kecamatan Gondang Legi, Kabupaten Malang.

Bagi kalian yang berminat untuk datang ke wisata sumber sira Kabupaten Malang. Bisa langsung cek social media Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang klik di sini.

Pewarta : Aimatul
Editor : Tim Mahasiswa UTM

Kanal Terkait

Satukanal.com