SATUKANAL.COM
Wisata Banda Neira
Kanal Plesir BERITA Lifestyle

11 Wisata Banda Neira yang Menarik Untuk Dikunjungi, Ada Pulau Tak Berpenghuni!

Satukanal.com, Nasional– Wisata Banda Neira patut dikunjungi oleh anda yang sedang mencari destinasi menarik. Banda Neira sendiri merupakan salah satu pulau yang treletak di Kepulauan Banda.

Banda Neira atau Banda Naira diketahui dihuni oleh 14.000 penduduk memiliki daya tarik. Seperti, pernah pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia hingga pertengahan abad ke-19.

Pulau ini dijadikan sebagai pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Adapun, Banda Neira terdiri dari enam desa yakni Dwiwarna, Merdeka, Nusantara, Rajawali, Tanah Rata, dan Kampung Baru.

Lantas, apa saja wisata Banda Neira yang menarik dikunjungi? Untuk ulasan selengkapnya, simak di bawah ini.

1. Pulau Hatta

Wisata Banda Neira

Terletak di ujung timur Kepulauan Banda, pulai ini awalnya bernama Pulau Rosengin. Namun, usai adanya pengasingan Moh. Hatta yang ditempatkan di pulau maka kemudian berganti menjadi Pulau Hatta.

Yang menarik dari pulau ini adalah hampran pasir putih yang cantik serta ombak yang tidak terllau besar. Tak hanya itu, keindahan laut pulau ini juga luar biasa indah. Anda bisa menyelam yang melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang terawat.

2. Pulau Pisang

Wisata Banda Neira

Wisata Banda Neira selanjutnya adalah Pulau Pisang. Pulau ini juga sering disebut sebagai Pulau Syahrir karena sering dikunjungi oleh seorang politikus dan Perda na Menteri pertama Indonesia yakni Sutan Syahrir.

Di pulau ini, terdapat pula Tanjung Pisang yang merupakan spot favorit untuk pecinta diving. Anda bisa menikmati diving dengan kedalaman rata-rata yakni sekitar 18 meter serta kedalaman maksimum sekitar 25 meter.

3. Benteng Belgica

Wisata Banda Neira

Berikutnya ada Benteng Belgica yang terletak di Bukit Tabaleku Naira Tenggara, Pulau Neira, Maluku. Bangunan ini diuat oleh bangsa Portugis pada abad ke-16.

Kemudian, di tanggal 4 September 1611, Belanda kembali membangun benteng ini dengan emmberinya nama Fort Bergica atau yang dalam bahasa Indonesia berrati Benteng Belgica.

Keitimewaan benteng ini terdapat pada uang pecahan Rp1.000 edisi Cut Meutia sebagai tokoh utamanya. Saat berkunjung ke benteng ini, anda harus menaiki banyak anak tangga terlebih dahulu agar bisa mencapai puncaknya.

4. Pulau Rhun

Wisata Banda Neira

Pulau Rhun merupakan salah satu spot wisata Banda Neira yang banya difavoritkan. Bagaimana tidak? Di pulau ini, anda bisa menemukan keindahan laut yang menawan. Anda juga bisa melakukan snorkeling di pulau ini.

Selain itu, pulau ini juga dikenal sebagai salah satu kawasan penghasil pala dan cegkih terbaik. Di tambah lagi dengan pemandangan indah yang ada di pulau ini akan emmbuat anda betah berlama-lama di sini.

5. Pulau Nailaka

Wisata Banda Neira

Rekomendasi wisata Banda Neira selanjutnya adalah Pulau Nailaka. Di pulau ini, anda akan menemukan pantai dan laut yang sangat alami karena tidak berpenghuni. Gulungan ombaknya pun terbilang tenang dengan panorama pepohonan hijau nan rindang.

6. Desa Lonthoir

Wisata Banda Neira

Selain pantai, Banda Neira juga punya bangunan Eropa dengan arsitektur jaman dulu yang patut dikunjungi. Saat berkunjung ke bangunan ini, anda bisa menyaksikan panorama Gunung Api Banda yang menawan. Anda juga mengetahui sekaligus belajar bagaimana sejarah peristiwa masa kolonial Belanda kala itu.

7. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Wisata Banda Neira

 

 

Anda bisa mengunjungi rumah pengasingan Bung Hatta saat ke Banda Neiraa. Seperti diketahui, Bung Hatta pernah diasingkan di awal kemerdekaaan selama enam tahun di Banda Neira. Kini, lokasi pengasingan Bung Hatta tersebut dijadikan museum dan tempat sejarah yang bernama Rumah Pengasingan Bung Hatta.

8. Lava Flow

Wisata Banda Neira

Wiasata Banda Neira selanjutnya yakni Lava Flow yang tercipta setelah meletusya gunung berapi dan kemudian mengakibatkan perairan tertutup dengan lava. Uniknya karena adanya letusan tersebut, vegetasi bawah air menjadi tumbuh dengan subur.

Nah, bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Lava Flow diharuskan untuk naik perahu tempel atau perahu ketinting (perahu dengan mesin yang ditempelkan). Waktu tempuh yang diperlkan yaknis ekitar 30 menit.

9. Gunung Api Banda

Wisata Banda Neira

Memiliki tinggi yaitu 656 meter di atas permukaan laut, gunung api Banda memiliki nama asli Gunung Ganapus. Jika ingin mendaki gunung ini, waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih selama 6 jam dari Ambon dengan menggunakan kapal cepat. Ini bisa jadi salah satu destinasi Wisata Banda Neira  yang patut dikunjungi.

10. Rumah budaya Banda Neira

Wisata Banda Neira

Selanjutnya ada rumah budaya Banda Neira, di mana anda bisa mengetahui berbagai hal tentang kepulauan Banda dengan cepat. Di tempat wisata ini, anda bisa mendapatkan cerita mengenai bagaimana beratnya penderitaan masayarakat di masa penjajahan.

11. Istana Mini Banda Neira

Wisata Banda Neira

Tempat wisata Banda Neira yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah  Istana Mini Banda Neira. Ini merupakan alah satu warisan cagar budaya nasional dan peninggalan VOC Belanda. Tempat ini dulunya juga dijadikan gudang penyimpanan rempah-rempah.

Nah, itulah sejumlah tempat wisata Banda Neira yang bisa anda kunjungi. Ada pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah, penampakan pasir yang menawan serta ada bangunan-bangunan bersejarah yang juga bisa dikunjungi.

 

 

(adin)

Kanal Terkait

Satukanal.com