Warga Sumbercangkring Kediri Peringati 1 Suro Dengan Kirab Puluhan Tumpeng | SATUKANAL.COM
Kediri

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Warga Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, memperingati tanggal 1 Suro dengan cara tradisi kirab tumpeng, Sabtu (30/7/2022).

Ada sekitar 70 tumpeng yang terdiri dari ayam ingkung dan buah-buahan milik warga yang dikirab di sepanjang jalan desa. Kemudian kirab berakhir di Situs Sentono, tempat bersejarah di Sumbercangkring.

Tokoh masyarakat setempat, KH Mustain Anshori mengatakan, peringatan 1 Suro dengan tumpeng ini sebenarnya bukanlah hal baru bagi warga.

Menurut Mustain, tradisi ini pernah dilakukan sejak abad ke-19 silam.

Namun karena minimnya pelestarian adat budaya, lanjut Mustain, hal itu menyebabkan tradisi ini sempat hilang dan tak dilanjutkan.

“Ini (tradisi) dibangun kembali untuk mengenang kembali sejarah, dan salah satunya di sini situs ini (Sentono) sudah ada sebelum desa ini didirikan,” beber Mustain usai memimpin doa, Sabtu (30/7/2022).

Dia menjelaskan, tradisi kirab tumpeng setiap tanggal 1 Suro ini dilakukan untuk mendapatkan keberkahan. Terlebih saat ini masa pandemi Covid-19 dan penyakit lainnya yang masih menyebar di masyarakat.

Mustain melanjutkan, tradisi tumpeng ini hanya sebagai sarana untuk mempermudah melakukan pemanfaatan doa di Situs Sentono.

Adapun Situs Sentono juga dikenal sebagai Situs Sentono Cangkring, untuk mengenang awal mula babat tanah di Desa Sumbercangkring.

Untuk itulah tradisi kirab tumpeng ini dilakukan di Situs Sentono untuk membangun kembali tradisi yang sudah ada sejak dulu.

“Ini (tradisi) dibangun kembali untuk mengenang kembali sejarah,” ujarnya.

Menurut Mustain, tradisi ini digelar sebagai sarana keseimbangan alam flora dan fauna di dalam kehidupan bermasyarakat.

Agar bangsa Indonesia, khususnya Desa Sumbercangkring, selalu mendapatkan berkah oleh alam.

“Maka selamatan ada buah, ayam ingkung, dan makanan sebagai perumpamaan. Agar desa ini khususnya Indonesia benar-benar menjadi negeri yang kaya akan segalanya. Harapannya begitu,” pungkas dia.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi

Advertisements