Wali Kota Kediri: Melahirkan Di RSUD Kilisuci Pulang Sudah Bawa Dokumen Lengkap | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Kota Kediri — Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan dokumen kependudukan kepada salah satu pasien yang melahirkan di RSUD Kilisuci, Kamis (30/6/2022). Dimana RSUD Kilisuci memiliki program 3 in 1 yang bekerjasama dengan Dispendukcapil Kota Kediri.

Dalam program tersebut, setiap ibu yang melahirkan di RSUD Kilisuci saat pulang sudah membawa Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak yang baru lahir hal tersebut cukup membantu pihak keluarga dalam proses pengurusan identitas pada catatan kependudukan sipil.

“Sekarang di RSUD Kilisuci sudah bekerjasama dengan Dispendukcapil. Pasien pulang sudah bawa dokumen lengkap. Silahkan melahirkan di sini saja,” ujar Wali Kota Kediri.

Selain itu Abdullah Abu Bakar juga menjelaskan Pemerintah Kota Kediri akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi warganya. Salah satunya melalui program 3 in 1 ini. Kini keluarga tidak perlu repot mengurus dokumen setelah kelahiran sang buah hati.

Selain itu, ibu melahirkan juga mendapatkan sertifikat dari RSUD Kilisuci. Pemrosesan dokumen ini membutuhkan waktu satu jam. “Biasanya setelah menikah kan belum membuat KK baru, pergantian status di KTP dan KK masing-masing orang tua. Nah ini nanti sudah lengkap diganti semua,” jelasnya.

Kemudahan pelayanan tersebut telah dirasakan oleh Indah salah satu warga Kelurahan Banjarmlati. Hari ini ia dan bayinya diperbolehkan untuk pulang dan menerima dokumen yang lengkap. Pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya layanan tersebut, sehingga sudah tidak bingung lagi mengingat ini merupakan persalinan pertamanya.

Sementara Wildan, yang merupakan suami dari Indah menambahkan program 3 in 1 yang ada di RSUD Kilisuci benar-benar membantunya. “Setelah istri melahirkan banyak sekali yang harus dilakukan. Alhamdulillah tidak repot mengurus KK, KIA dan Akta Kelahiran karena sudah ada program dari RSUD Kilisuci ini,” imbuhnya.

(Adv)