Viral Soal Pengguna WhatsApp GB, Apakah Benar Melanggar Privasi? | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
WhatsApp GB

Ilustrasi WhatsApp GB

Satukanal.com, Nasional – Ada banyak WhatsApp modifikasi seperti WhatsApp Aero dan WhatsApp GB yang bermunculan saat ini. Namun perlu diingat, jika aplikasi-aplikasi tersebut menyimpan banyak bahaya bagi penggunanya.

Namun, WhatsApp GB ramai diperbincangkan oleh pengguna Twitter. Sejumlah pengguna menilai aplikasi tersebut berbahaya karena bisa melanggar privasi. Saat ini WA GB menjadi salah satu perbincangan yang populer di Indonesia. Ribuan pengguna berkomentar pro dan kontra terkait aplikasi tersebut.

Mirip dengan aplikasi WA asli, APK WhatsApp GB juga tersedia secara gratis. Lantas apasaja fitur WhatsApp GB yang dinilai melanggar privasi?

Fitur WhatsApp GB

1. Balas Chat Otomatis

Fitur ini sering kali digunakan oleh seseorang pemilik akun WhatsApp yang ditujukan untuk bisnis. Dengan membalas pesan otomatis, maka anda bisa menjawab setiap chat atau pesan yang masuk pada akun WhatsApp anda tanpa perlu mengetiknya secara manual.

2. Tema WhatsApp

Tema di WA GB merupakan salah satu fitur yang cukup berguna. Dengan mengganti tema pada WhatsApp, maka anda tidak akan mudah bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Bagusnya lagi, GBWhatsApp memberikan cukup banyak pilihan tema di dalamnya.

Baca Juga :  Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia Tambah 2 Emas dari Tim Dayung

3. Dual WhatsApp

Tahukah anda bahwa APK GB WhatsApp dapat digunakan secara bersamaan dengan WA original di dalam satu HP android? Cukup dengan menginstalnya, maka anda bisa menggunakan dua akun WhatsApp di dalam satu HP saja.

4. Menyembunyikan Centang

Fitur paling dicari dari APK GB Whatsapp adalah centang pada chat yang disembunyikan. Anda dapat menyembunyikan centang pesan Anda, baik itu centang dua biru (dibaca) maupun centang dua (terkirim) yang tampil di kontak anda.

5. Mengirim Banyak Gambar

WhatsApp pada dasarnya menerapkan di sistemnya agar hanya dapat mengirim gambar dengan jumlah maksimal 10 saja. Namun dengan menggunakan APK GBWhatsApp, anda bisa mengirimkan gambar dengan jumlah yang banyak atau lebih dari 10 sekaligus.

6. Bisa membaca chat yang sudah dihapus, serta mendownload status yang sudah lebih dari 24 jam

Karena merupakan aplikasi modifikasi, WA GB mengundang potensi risiko keamanan seperti malware dan spyware. Selain itu WA GB dinilai merugikan privasi pengguna WA versi standar lain karena pengguna WA GB bisa membaca chat yang sudah dihapus, serta mendownload status yang sudah lebih dari 24 jam.

Baca Juga :  Sea Games 2022: Filipina Kalah Indonesia Menang, Persaingan Grup Makin Membingungkan

Diketahui, salah satu akun yang berkomentar tentang aplikasi itu adalah @nandidntsleep. Dirinya menuliskan “walaupun WA ada fitur itu tapi kalau ada WA GB apa gunanya? WA GB nih yang kadang hilangin privasi kita,” tulisnya.

Selain itu juga terdapat akun twitter yang turut terkena pelanggaran privasi oleh pengguna WA GB. Adanya hal tersebut dirinya mengatakan bahwa pengguna WA GB patut dikucilkan.

“User WA GB patut dikucilkan,” tulis @Birusavieee_

Sebagai informasi, menurut WhatsApp, aplikasi WA MOD tak bisa memvalidasi keamanan aplikasinya. Selain itu juga aplikasi tidak resmi itu bisa membahayakan data dan privasi pengguna sebab bukan berasal dari sumber yang bisa dipercaya.

Potensi bahaya lain adalah aplikasi tersebut bisa membawa virus dan malware berbahaya untuk perangkat yang digunakan.

 

 

Editor : Naviska