Upaya Percepatan Vaksinasi Di Lingkungan Pemerintah, ASN Harus Vaksin Covid-19 2 Dosis | SATUKANAL.COM
May 22, 2022

Satukanal.com, Nasional – Guna mencegah munculnya gelombang baru peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, Pemerintah tetap gencar melakukan vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Terbaru, pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mewajibkan Aparatur Sipil Negara (PNS) atau ASN untuk ikut vaksinasi Covid-19 2 dosis.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyurati para menteri dan pimpinan lembaga negara untuk percepatan vaksinasi di lingkungan instansi pemerintah.

Tjahjo menyebut hal tersebut perlu dilakukan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Sehingga, para menteri dan pimpinan lembaga harus memastikan seluruh ASN sudah divaksin lengkap.

“Seluruh Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan instansi Saudara telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua,” ujar Tjahjo dikutip dari kumparan.

Baca Juga :  Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan Raih Kemenangan Dramatis di Semifinal Piala Thomas, Selebrasi Kevin Bikin Merinding Warganet!

Selain itu, dirinya juga meminta agar menteri dan pimpinan lembaga melakukan sosialisasi serta tindakan lain yang diperlukan agar semua ASN divaksin Covid-19 hingga 2 dosis.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan hampir sembilan juta dosis vaksin Covid-19 yang berasal dari donasi negara tetangga telah tiba di Indonesia pada Minggu (26/12/2021).

“Seluruh vaksin yang datang merupakan donasi dari negara-negara sahabat melalui jalur fasilitas COVAX,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Nadia menyebutkan pada kedatangan tahap ke 176, Indonesia mendapatkan sebanyak 1.420.600 dosis vaksin jenis vaksin Moderna. Jenis vaksin itu merupakan donasi dari pemerintah Perancis melalui COVAX.

Baca Juga :  Ade Yasin Bakal Rayakan Lebaran di Rutan, Setelah Resmi Ditahan KPK 20 Hari

Sementara, kedatangan tahap ke 177, Amerika Serikat melalui COVAX telah memberikan vaksin sebanyak 234.000 dosis dan pada tahap ke 178 memberikan 3.086.460 dosis. Sedangkan pada tahap ke 179, Tanah Air mendapatkan vaksin jenis AstraZeneca sebanyak 4.244.200 dosis dari pemerintah Jerman dan Yunani.

Terkait varian Omicron di Indonesia, Nadia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan penyebarannya yang sangat cepat. Masyarakat juga diminta menunda perjalanan ke luar negeri dan disiplin menjalankan protokol kesehatan serta segera mengikuti vaksinasi Covid-19.

 

Editor : Naviska