7 Rahasia Tips Lolos Masuk Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Yang Bisa Dicoba | SATUKANAL.COM
Ujian mandiri

Salah satu kampus di Jawa Timur yakni Unair juga membuka jalur tes masuk ujian mandiri (Foto: @zyaifart.pinterest.com)

Satukanal.com, Nasional – Ujian mandiri menjadi salah satu jalur yang disediakan oleh kampus negeri maupun swasta.  Bagi kalian yang belum berhasil pada jalur sebelumnya yakni SBMPTN, tidak perlu khawatir karena masih banyak penguruan tinggi yang membuka jalur mandiri.

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan sebuah impian yang diharapkan oleh banyak orang. Kuliah lewat jalur mandiri diklaim lebih mudah dibandingkan dengan jalur yang disediakan oleh pemerintah misalnya seperti SNMPTN dab SBMPTN dan lain sebagainya.

Hal itu bukan tanpa dasar, di mana secara umum grade yang ditawarkan oleh jalur mandiri tentu lebih rendah dari SBMPTN. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi dari segi kualitas soal yang diujikan. Dengan begitu peluang untuk lolos pada jalur masuk mandiri menjadi lebih besar.

Cara Agar Bisa Lebih Mudah Lolos Masuk Jalur Ujian Mandiri

Berikut Beberapa Cara Agar Bisa Lebih Mudah Lolos Masuk Jalur Ujian Mandiri:

1. Pelajari Materi Ujian SBMPTN

Setiap tahunnya banyak kampus yang terus menyesuaikan dengan perkembangan jalur masuk perguruan tinggi. Salah satunya adalah dengan menggunakan standart nilai SBMPTN untuk mengukur atau menjadikan bahan seleksi bagi calon mahasiswanya yang mendaftar lewat jalur mandiri.

Secara umum, jalur ujian mandiri tidak jauh berbeda dengan soal ujian saat jalur SBMPTN, karena hal itu masih diberlakukan. Maka dengan mempelajari soal-soal ujian jalur SBMPTN akan sangat berguna bagi kalian yang ingin lolos lewat jalur mandiri.

Perbedaan jalur ujian mandiri dengan jalur SBMPTN terletak pada grade dan jumlah saingan yang mengambil jurusan yang dipilih lebih rendah ketimbang jalur SBMPTN, bahkan soal ujian mandiri bisa jadi sama dengan soal SBMPTN.

Baca Juga :  Sinyal Penting Indonesia Pindah Federasi, Berikut 3 Negara Pernah Pindah Federasi Sepak Bola

2. Pilih Jurusan dengan Peluang paling Besar

Salah satu tips yang bisa kalian gunakan untuk bisa lolos pada jalur tes masuk mandiri perguruan tinggi adalah dengan mengambil jurusan yang punya peluang lebih besar dari pada jurusan-jurusan yang memiliki peminat dari pendaftar jalur mandiri pada perguruan tinggi yang dituju.

Cara ini bisa kalian lakukan untuk meningkatkan peluang diterima saat ujian tes jalur mandiri, karena jurusan yang kamu pilih memiliki pengaruh yang lumayan menentukan. Informasi soal grade dan daya tampung jalur mandiri bisa kalian akses pada situs-situs perguruan tinggi yang kalian pilih.

3. Perbanyak Informasi Seputar Kampus dan Jurusan yang Ditarget

Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya soal kampus dan jurusan yang diambil pada saat memilih jalur masuk mandiri tidak akan ada ruginya. Cara memperoleh informasi tersebut bisa kalian lakukan pada saat berselancar pada gadget kalian atau bertanya pada kenalan yang sudah menempuh perkuliahan di tempat tersebut.

Hal-hal seperti peluang, grade jurusan, dan prospek jurusan kedepan bisa kalian cari terlebih dahulu guna membekali pemahaman dengan banyak mendapatkan informasi tersebut sebelum benar-benar nanti keterima dan menjadi perkuliahan sesuai dengan yang kalian pilih sendiri.

4. Pilih Kampus Swasta yang Berkualitas

Kebanyakan sejauh ini tingkat peminat negeri memang lebih banyak ketimbang swasta hal tersebut menjadikan peluang di perguruan tinggi negeri semakin ketat. Oleh karena itu, pilihan perguruan tinggi swasta sangat mungkin bisa menjadi pilihan bagi kalian untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Memilih kampus swasta yang berkualitas tidak ada salahnya dimana kampus-kampus swasta tersebut juga menawarkan kualitas skill pada setiap lulusannya. Dengan pilihan tersebut kalian bisa mendapat peluang keterima lebih besar.

Baca Juga :  Habib Rizieq Bebas Bersyarat, Kini Langsung Melakukan Aktivitas Mengajar di Ponpesnya

5. Bekal Akademik yang Cukup

Sama halnya dengan jenis ujian masuk yang lainnya, kalian juga harus membekali diri dengan kemampuan akademik yang cukup sebelum menempuh ujian mandiri. Lebih bagus kalian dengan memilih cara mengikuti kursus ujian masuk perguruan tinggi seperti masuk test nasional.

Mempersiapkan bekal akademik dapat memberikan jaminan kalian lolos yang lebih besar, meskipun begitu tes masuk jalur mandiri tidak bisa dianggap sepele, persiapan bekal akademik masih tetap membutuhkan persiapan yang matang.

6. Jangan Anggap Sepele dan Tetap Serius

Meskipun tes ujian mandiri menawarkan peluang persaingannya tak seketat ujian nasional perguruan tinggi, kalian tidak boleh menganggap remeh ujian jalur ini. Optimis dan tetap percaya diri saat mengikutinya.

Dengan persiapan dan belajar semua jenis soal yang ada perkiraan peluang lolos akan semakin terbuka lebar, dengan begitu melakukan persiapan secara akademik membuat kalian lebih tenang saat melakukan tes ujian jalur mandiri.

7. Pastikan Soal Dana Tak Ada Masalah

Bagi calon mahasiswa baru harus mengetahui estimasi berapa biaya kuliah yang ada di jalur mandiri, mulai dari SPP, uang muka seperti uang pangkal kuliah, praktium, dan lain sebagai. Hal tersebut banyak tidak diketahui oleh calon mahasiswa baru yang akan menempuh perkuliahan.

Keuangan menjadi begitu penting dalam menunjang proses perjalanan kuliah kalian. Hal itu bisa kalian carikan solusi lewat beasiswa-beasiswa yang tersedia baik dari kampus sendiri, maupun pihak lain yang membukan penerimaan beasiswa biaya perkulihan.

 

(Ali/Adinda)