Kabar Duka, Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia. Berikut Riwayat Penyakitnya
Tjahjo Kumolo Meninggal

Tjahjo Kumolo saat menjalani tugas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur (Foto: menpan.go.id)

Satukanal.com, Nasional – Kabar duka, Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Tjahjo Kumolo yang juga merupakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) meninggal dunia pada hari ini Jumat, (1/7/2022) di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Seperti dikutip dari suara.com, Djarot Saiful Hidayat turut membenarkan kabar prihal Tjahjo Kumolo meninggal dengan menyebutkan bahwa ia mendapatkan informasi yang sama dari beberapa sumber yang ia terima.

“Benar, saya juga dapat info yang sama bahwa Tjahjo Kumolo meninggal ,” ucap Djarot dikutip dari suara.com.

Tjahjo sebelumnya juga dikabarkan sudah menjalani perawatan intensif di rumah sakit dari sepakn lalu. Kabar juga terdengar bahwa Tjahjo sempat mengalami koma di tengah melawan penyakitnya yang sedang mengalami infeksi paru-paru.

Selain itu Rahajeng Widyaswari yang merupakan putri dari Tjahjo Kumolo juga menyebutkan ayahnya mengalami infeksi paru-paru, di mana kabar tersebut disampaikan pada hari Minggu, (26/6/2022).

“Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya,” ujar Rahajeng beberapa pekan lalu.

Meskipun disampaikan bahwa Tjahjo Kumolo kena infeksi paru-paru penyakit yang diidapnya tidak diketahui secara pasti karena belum ada keterangan khusus baik dari pihak keluarga maupun rumah sakit.

Kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo sontak menjadi kabar nasional, dimana Tjahjo Kumolo saat ini sedang dalam status menteri dibawah Kabinet Indonesia Maju pimpinan Joko Widodo selaku presiden Republik Indonesia.

Sementara Presiden Joko Widodo masih berada di luar negeri dalam beberapa agendanya, seperti kunjungan bilateral dengan negara Ukraina dan Rusia, fokus utama kunjungan Indonesia adalah tidak lain untuk menghentikan perang maupun invasi yang terjadi di Ukraina.

Sebagai tambahan informasi dikutip dari Healthline umumnya infeksi paru-paru diakibatkan oleh serangan penyakit seperti bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis. Ketiga jenis tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang paru-paru.

Riwayat Penyakit Tjahjo Kumolo Meninggal

Hendrawan Supratikno yang merupakan politikus PDI-Perjuangan juga turut memberikan penjelasan dengan mengatakan bahwa Tjahjo Kumolo awalnya mengalami kecapekan yang mengharuskan ia harus dirawat di rumah sakit.

“Kecapekan, letih, serta pekerjaan yang berat. Sehingga jatuh sakit dan mengalami komplikasi, ada paru-paru, diabetes, serta asam urat,” papar Hendrawan.

Tjahjo Kumolo sebelum menghembuskan nafas terakhirnya sempat dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo selama dua minggu, serta sempat mengalami kondisi membaik.

 

(Ali/Adinda)