5 Tips Nikmati Hidangan Lebaran Agar Terhindar Dari Kolestrol Dan Hipertensi | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
Tips Nikmati Hidangan Lebaran

Makanan Lebaran (Foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Untuk Anda yang ingin menikmati hidangan lebaran, tak perlu khawatir. Ada tips nikmati hidangan lebaran agar terhindar dari kolestrol dan hipertensi.

Terlebih, Hari raya Idul Fitri selalu identik dengan makanan yang manis dan bersantan. Hal ini terkadang membuat banyak orang takut akan potensi penyakit diabetes dan kolestrol yang bisa saja terjadi.

Lantas, bagaimana cara menghindarinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Tips Nikmati Hidangan Lebaran

Ada beberapa hal yang perlu diperhartikan saat menikmati hidangan lebaran. Tips-tips di bawah ini akan membantu Anda untuk terhindar dari penyakit yang kerap terjadi lantaran konsumsi makanan yang tidak terkontrol. Berikut ulasannya:

1. Sediakan Sayur

Asupan serat dari sayur akan sangat berguna untuk mengontrol kolestrol pad tubuh Anda. Jangan lupa untuk menyediakam sayuran dalam menu lebaran Anda.

Sayur itu bisa kita tambahkan sebagai pendamping, misalnya dijadikan lalap atau dijadikan acar sehingga akhirnya konsumsi serat kita dalam dua hari tersebut tetap ada.

Baca Juga :  Dishub Jombang Siapkan Jalur Alternatif Buat Antisipasi Kemacetan Libur Lebaran

2. Makan Secukupnya

Salah satu hal yang menyebabkan kadar kolestrol ataupun diabetes meningkat saat lebaran adalah jumlah makanan yang dimkan. Pastikan untuk makan secukupnya.

Jangan makan berlebihan karena hal ini akan beresiko buruk pada tubuh dan kesehatan Anda. Sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh agar tidak menimbulkan efek buruk.

3. Rencanakan Makanan

Tips nikmati hidangan Lebaran seanjutny adalah dengan merencanakan menu dan makanan apa yang harus di makan setiap harinya.

Apalagi, lebaran sangat identik dengan makanan manis dan bersantan. Tentu saja, hal ini dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Untuk itu, rencanakan makanan Anda. Jika hari pertama, rendang menjadi pilihan menu di jam pertama makan, maka jam berikutnya sebaiknya tidak memilih makanan yang berat seperti itu. Hal ini berlaku di hari berikutnya juga.

Baca Juga :  Catat! Ini Lo Titik Rawan Macet di Jombang Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

4. Konsumsi Buah untuk Cuci Mulut

Sama seperti sayur, buah juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Kandungan serat dan vitamin yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengontrol kolestrol.

Untuk itu, makanlah buah sebagai hidangan penutup agar menu lebaran tidak menitikberatkan pada makanan berat saja. Buah juga bisa dipilih sebagai pilihan pengganti kue atau makanan manis lainnya.

5. Tentukan Makanan yang Harus Dihindari

Meski bebas dan boleh memilih jenis hidangan apa saja yang bisa dimakan, sebaiknya tentykan makanan yang juga harus dihindari.

Berikan informasi ini kepada keluarga di rumah ataupun koki di rumah, agar menu yang dihidangkan saat Lebaran dapat disesuaikan.

Nah, itulah tips nikmati hidangan Lebaran yang bisa diakukan. Tips di atas bisa membantu Anda dalam mengontrol kolestrol dan diabetes. (Adinda)