Dapur di Bawah Tangga

Konsep Dapur di Bawah Tangga (Foto: Pinterest)

Satukanal.com, Nasional– Dapur di bawah tangga kerapkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak baik apabila dilihat dari segi Feng Shui. Mengapa demkian? Alasannya, lantaran proses memasak atau masakan yang sudah jadi kemungkinan akan dilangkahi saat ada yang lewat di atas anak tangga.

Seperti diketahui, Feng shui masih dipercaya masyarakat umum bisa menjaga kondisi kesehatan dan rumah tangga menjadi seimbang. Namun, Anda tak perlu khawatir. Apabila Anda benar-benar harus membuat dapur di area bawah tangga, Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa tips berikut ini.

Tips Merancang Dapur di Bawah Tangga

1. Pilih Desain Konsep Dapur Terbuka

Aturan lain dalam feng shui rumah adalah hindari membuat pintu dapur menghadap ke toilet. Jika Anda membuat dapur di bawah tangga buatlah konsep dapur terbuka tanpa pintu.

Dengan begitu, Anda bisa menggabungkannya langsung dengan ruang makan atau ruang santai. Dapur konsep terbuka bisa memberikan kesan yang lebih nyaman dan luas.

2. Dapur Jangan Terhubung Langsung dengan Kamar Mandi

Membuat satu pintu menuju dapur dan kamar mandi adalah kebiasaan yang tidak baik jika dilakukan menurut feng shui. Dapur dan kamar mandi memiliki fungsi yang sangat berbeda.

Baca Juga :  Apa itu Ramsay Hunt Syndrome yang Diderita Justin Bieber dan Membuat Turnya Ditunda?

Menurut feng shui dapur dan kamar mandi, jika Anda menghubungkan keduanya dipercaya bisa membuat penghuni rumah mudah terserang penyakit dan rezeki tidak lancar.

3. Buat Satu Anak Tangga di Lantai Dapur

Jika Anda ingin membuat dapur di bawah tangga menurut feng shui dengan konsep terbuka yang menggabungkan dapur dengan ruang makan atau area lain, maka silakan tambahkan satu anak tangga.

Jadi posisi dapur berada di bawah satu anak tangga dengan ruang makan. Desain ini cukup menarik dan dapat memperjelas spot dapur dengan area lainnya.

4. Pilih Posisi Dapur di Bagian Belakang

Jika rumah Anda memiliki ukuran yang kecil, maka cobalah mengatur tata letak tangga karena bagian bawahnya akan digunakan untuk dapur.

Ketika merancang tata letak dapur menurut feng shui, disarankan untuk memilih dinding bagian yang paling belakang untuk dapur, sehingga tangga tidak terlihat dari ruang tamu atau ruang keluarga. Posisikan bagian kompor dan wastafel agar berada di samping tangga, tidak di bagian anak tangga.

Baca Juga :  Arema Jadi Tuan Rumah pada Grup D Hasil Drawing Turnamen Pramusim 2022

5. Perhatikan Posisi Kamar Tidur dan Dapur

Menurut feng shui dapur dan kamar tidur, sebaiknya keduanya tidak bersebelahan atau berada di atas area dapur. Posisi tempat tidur juga sebaiknya tidak berada di atas posisi kompor. Posisi ini dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga.

6. Perhatikan Posisi Kompor dan Wastafel

Tips lain ketika mendesain dapur di bawah tangga menurut feng shui adalah mempertimbangkan posisi kompor dan wastafel. Kompor memiliki energi panas dari api, sedangkan wastafel memiliki energi air.

Di samping itu energi air dapat memadamkan api dan api bisa juga mendidihkan air sehingga bisa menimbulkan masalah di dapur. Oleh karena, menurut aturan feng shui rumah agar rezeki lancar, Anda harus menghindari penataan kompor dan wastafel yang bersebelahan.

Itulah Tips Merancang Dapur di Bawah Tangga menurut feng shui agar rezeki tetap lancar dan kesehatan keluarga tetap terjaga. Meski beberapa orang tidak mempercayai mengenai hal tersebut, namun sebaiknya memperhatikan tips di atas agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidka diinginkan.

(Adinda)