5 Tips Cari Kosan Untuk Maba Agar Tak Salah Pilih Dan Betah Di Perantauan | SATUKANAL.COM
Tips Cari Kosan

ilustrasi kamar kosan (Foto: freepik)

Satukanal.com, Nasional-Pertama kali ngekos di luar kota? Tak perlu khawatir, berikut ini ada tips cari kosan untuk maba yang bisa kalian lakukan.

Memilih kosan adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi, jika sebelumnya kamu belum pernah ngekos dan merantau di luar kota.

Tentu saja, sebagai anak rantau, kamar kosan akan menjadi tempat persinggahan sekaligus rumah untukmu. Kala lelah melanda, kamar kosan menjadi tempat beristirahat yang yang bisa melepaskan penatmu.

Tips Cari Kosan untuk Maba

Nah, agar tak salah memilih kosan. Ada sejumlah tips perlu kamu tahu. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Lakukan Survei Jauh-jauh Hari

Bagi mahasiswa baru atau maba melakukan survei jauh-jauh hari adalah tips cari kosan untuk maba. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kisaran harga kosan di tempat perantauanmu. Terlebih, jika budget yang diberikan padamu terbatas.

Maka perlu melakukan survei jauh sebelum kamu mulai masuk perkuliahan. Dengan begitu, kamu tidak akan kaget melihat harga kosan yang ada di kota tersebut. Cara ini juga dilakukan agar kamu bisa memilih kosan yang sesuai.

Biasanya, kamar kosan dengan harga ekonomis akan banyak diperebutkan oleh maba-maba lainnya. Berbeda dengan kosan esklusif yang memiliki harga sewa yang relatif mahal, biasanya juag peminatnya pun dari kalangan ternetu.

Siapkan waktu khusus untuk berkeliling mencari kos, survei harga, dan membandingkan fasilitas dari satu kos-kosan ke kos-kosan lainnya. Antisipasi saja biar kamar kos yang memiliki tarif ekonomis nggak keburu habis diambil calon penyewa lainnya.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Hias Ungu yang Cocok Dijadikan Dekorasi Rumah

2. Pilih Lokasi Kos Dekat dengan Fasilitas Umum dan Tempat Makan

Saat kamu ngekos, tidak ada lagi yang menyediakan makanan untukmu seperti di rumah. Kamu harus bisa mencari makan sendiri. Untuk itu, usahakan lokasi kosan yang kamu pilih dekat dengan tempat makan. Apalagi jika kamu belum ada kendaraan, maka hal ini penting untuk diperhatikan.

Tak hanya itu, pilih lokasi kosan yang dekat dengan fasilitas umum seperti ATM, minimarket serta lainnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu kesusahan jika membutuhkan sesuatu. Jika perlu, cari kosan yang juga dekat dengan tempat fotocopy dan percetakan untuk memudahkanmu saat mengerjakan tugas.

3. Jika Bisa, Cari Kosan yang Sewanya Dibayarkan Tiap Bulan

Tips cari kosan untuk maba  berikutny aadalah mencari kosan dengan sewa bulanan. Pembayaran kos-kosan ada yang per bulan, per tahun, atau bahkan per minggu. Kalau mau aman, lebih baik kamu cari kos-kosan dengan tarif sewa per bulan saja.

Kalau sewanya per minggu, kamu harus repot tiap minggu kontak-kontakan dengan pemilik kos untuk membayar sewa kamar kos. Kalau sewanya per tahun, kamu mau nggak mau harus betah tinggal di kamar kos itu selama setahun penuh. Iya kalau kamu betah!

Siapa tahu ada banyak faktor yang ternyata bikin kamu nggak betah seperti tetangga kos yang berisik, lingkungan kos yang ternyata kurang nyaman, dan lain sebagainya. Kalau sewanya per bulan kan setidaknya kamu bisa cepat pindah bulan depannya.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Hias Ungu yang Cocok Dijadikan Dekorasi Rumah

4. Tanyakan Fasilitas Kosann yang Diberikan pada Penyewa

Tips cari kosan untuk maba yakni bertanya fasilita skosan yang diberikan. Pada saat kamu survei mencari kos dan bertemu dengan pemilik kos, jangan sungkan untuk bertanya, terutama soal fasilitas di kos-kosan tersebut. Siapa tahu kamu sudah senang duluan dapat tarif sewa yang terbilang sangat murah.

Tapi jika kamu tidak tanya lebih lanjut sama pemilik kos soal tarif tersebut, ternyata tarif sewa yang murah tersebut belum termasuk biaya listrik, air, dan fasilitas lainnya. Jadi, jangan malu bertanya.

5. Mengecek Akses dari Kos ke Kampus

Tips cari kosan untuk maba yang tak kalah penting adalah akses kosan ke kampus. Seberapa dekat kos ke kampus? Bagaimana dengan aksesnya? Apakah mudah mendapatkan bus atau ojek online. Apakah macet kalau kamu menggunakan mobil pribadi atau membawa motor saat pergi pulang ke kampus?

Atau kamu mau hidup sehat dengan berjalan kaki atau naik sepeda saat pergi pulang ke kampus setiap hari. Hal-hal ini perlu menjadi pertimbangan saat kamu mencari kosan. Pastikan kosan yang kamu pilih sesuai dengan kondisimu. Jangan asal dalam mencari kosan dan nantinya kamu tidak betah.

Nah, itulah tips cari kosan untuk maba yang perlu kamu tahu. Hal-hal di atas meungkin dianggap sepele, namun akan berdampak besar pada kesehariamu selama menjadi perantau. Jadi, usahakan untuk tidak memilih kosan secara sembarangan ya!

 

(Adinda)