Tingkatkan Kualitas Produk, Mahasiswa UNESA Lakukan Branding UMKM Dodol Khas Desa Rejowinangun Blitar | SATUKANAL.COM

Produk Dodol khas Rejowinangun setelah packaging diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk. (foto: KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa Blitar 2)

Satukanal.com, Blitar – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dalam rangka membantu Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kualitas produk di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Desa Rejowinangun yang dikenal sebagai desa UMKM ini memiliki berbagai jenis produk mulai dari makanan hingga kerajinan, sehingga wajar jika setiap depan rumah terdapat palang berbagai jenis olahan produk UMKM.

Dari berbagai jenis UMKM yang ada, mahasiswa KKN UNESA memilih salah satu olahan produk UMKM yaitu dodol milik “AB Industri”. Dipilihnya dodol AB Industri ini diantara 180 UMKM yang ada dikarenakan dodol AB Industri menjadi salah satu produsen yang memasarkan produknya ke kampung coklat hingga ke sentra oleh-oleh di Batu.

Kendala yang dihadapi oleh AB Industri ini adalah kalah saing dari berbagai olahan dodol lainnya yang memiliki packaging lebih menarik dan besar. Sedangkan packaging dodol AB Industri lebih mementingkan soal kualitas dan rasa.

Mahasiswa UNESA berupaya meningkatkan nilai produk UMKM masyarakat Desa Rejowinangun. (foto:KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa Blitar 2)

Dalam pertemuan pertama, pemilik AB Industri atau yang dikenal Bu Lis sangat senang dan menerima dengan baik tujuan mahasiswa UNESA untuk membranding olahan produk AB Industri. “Ya saya senang bertemu mahasiswa KKN yang ingin membantu usaha saya untuk berkembang dan mampu bersaing di pasaran, terlebih dari usaha saya ini terdapat kendala dari packaging,” ujar Bu Lis saat pertemuan pertama.

Tidak hanya packaging saja, untuk membuat produk olahan terus berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat luas kelompok KKN mahasiswa UNESA juga membuat video profil UMKM. Dalam proses syuting video profil UMKM maupun proses branding produk diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dari produk UMKM milik AB Industri dan dapat menambah semangat kembali semangat dari para pelaku UMKM yang ada.

 

Penulis: KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa Blitar 2