SATUKANAL.COM
Pelaksanaan Bimbingan teknis dan Supervisi (Foto: Humas Kantor Imigrasi Malang)
BERITA ADV Malang Raya

Tingkatkan Kualitas dan Keamanan Data Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Gelar Bimtek dan Supervisi bersama Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian

Satukanal.com, Kota Malang – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang menggelar kegiatan bimbingan teknis dan supervisi bersama Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian pada Rabu (27/7/2022).

Kunjungan dari jajaran Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan mengenai penarikan, penyusunan, pelaporan, hingga pemanfaatan data keimigrasian.

Ramdhani selaku Kepala Kantor Imigrasi Malang pun turut menyambut dengan hangat kunjungan tersebut dan berharap seluruh ASN dapat menyampaikan kendala yang selama ini mereka temukan.

“Saya berpesan supaya masing-masing ASN dapat menyampaiak permasalahan yang timbul atau selama ini dijumpai terkait kesisteman dan apapun itu yang berhubungan dengan data,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Feddy Mulyana Pasya selaku koordinator pengelolaan data serta ASN di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang juga menuturkan telah terdapat beberapa instansi yang telah menjalin kerjasama dengan Kantor Imigrasi.

“Banyak instansi yang sudah menjalin PKS atau perjanjian kerjasama dengan Imigrasi, seperti kepolisian RI, Kejaksaan, Kemenkeu, BNN, dll. Sehingga dalam melakukan input data keimigrasian harus hati-hati baik itu data WNI maupun WNA,” terangnya.

Menurutnya, petugas harus senantiasa waspada dan tidak dapat dengan sembarangan memberikan data atau informasi tersebut kepada pihak luar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan data-data tersebut disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Melalui kegiatan tersebut, bukan hanya untuk meningkatkan kualitas data keimigrasian saja, namun juga untuk mencegah data disalah gunakan.

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait

Satukanal.com