Tim PKM Universitas Brawijaya Berikan Pendampingan Kepada Pelaku UMKM Bromo Coffee | SATUKANAL.COM

Tim PKM DIPA bersama pelaku UMKM Bromo Coffee (Foto: Humas Universitas Brawijaya)

Satukanal.com, Kediri – Tim Pengabdi Kepada Masyarakat (PKM) DIPA Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya memberikan pendampingan IPTEK terhadap pelaku UMKM, Bromo Coffee Probolionggo.

Tim yang terdiri dari dosen dan 6 mahasiswa ini berlangsung sejak Juli hingga Oktober 2022 untuk mendampingi pelaku UMKM dalam membentuk jejaring pasar hingga menguji kualitas kopi rempah sebahai terobosan terbaru.

Tak hanya itu, dalam penerapannya para tim juga turut mendampingi masyarakat setempat untuk kegiatan produksi, perhitungan biaya hingga penyusunan konten promosi supaya dapat terbentuk jejaring reseller dan supplier.

“Tim PKM melakukan pengabdian dengan memberikan tiga pokok agenda yakni di bidang proses produksi, manajemen usaha, dan pemasaran. Dari kegiatan pendampingan tersebut bisa dilihat perbandingan hasilnya ketika menggunakan alat dan secara konvensional,” kata Ketua PKM DIPA Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT.

Baca Juga :  Mahasiswa UB Ancam Demo Besar-besaran Jika Ada Politisi Datang Ke Kampus

Tim memanfaatkan luasnya jangkauan media sosial untuk proses promosi produk kopi rempah tersebut. Dengan tetap mengikuti arus perkembangan jaman, konten-konten di media sosial seperti youtube maupun instagram pun semakin dimasifkan.

“Tentunya promosi melalui media sosial ini sangat sesuai dengan perkembangan zaman jika disesuaikan dengan Indonesia sebagai salah satu pengguna internet terbanyak di dunia,” imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa Probolinggo merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang cukup melimpah. Ditambah dengan inovasi kopi rempah dari pelaku UMKM Bromo Coffee, tim pun akhirnya memberikan bantuan berupa peralatan mesin pengiris rempah yang dapat digunakan untuk membantu pengirisan rempah dalam varian kopi buatan mereka. Dengan menggunakan alat tersebut, proses produksi dapat berjalan lebih cepat dan meningkatkan produktivitas pelaku UMKM.

Baca Juga :  Persiapkan Mahasiswa Terjun ke Dunia Kerja, Universitas Brawijaya Bikin Center of Excellence

“Bromo dari petani lokal. UMKM berani inovasi pencampuran kopi dengan rempah namun rasa tetap kopi bukan jamu. Jaringan Bromo coffee ini relatif baru dan masih membutuhkan bantuan jejaring pasar,” kata Endra.

 

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah