Tetapkan Kawasan Tugu Sebagai Cagar Budaya, TACB Kota Malang Survey Stasiun Kota Baru | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Malang – Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang terus-terusan melancarkan aksinya untuk menggali tempat maupun benda yang berpeluang dijadikan sebagai cagar budaya Kota Malang.

Kali ini Stasiun Kota Baru yang menjadi objek sasaran untuk melakukan survei dalam rangka rencana penetapan Kawasan Tugu sebagai kawasan cagar budaya di Kota Malang.

Pada 12 Desember 2018 lalu, Stasiun Kota Baru telah ditetapkan secagai cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Malang.

TACB Kota Malang sendiri yang terdiri dari Erlina Laksmiani Wahjutami, Rakai Hino Galeswangi, Hengki Herwanto, dan Isa Wahyudi telah menyambangi stasiun tersebut pada Kamis (30/6/2022) lalu untuk melakukan survei terkait penambahan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) di Stasiun Kota Baru.

“Bangunan Stasiun Kota Baru sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Kami meminta TACB Kota Malang untuk mencari lagi barangkali ada penambahan Objek Diduga Cagar Budaya sehingga status stasiun ini meningkat menjadi situs cagar budaya,” ujar Dian Kuntari selaku Kabid Kebudayaan, Senin (4/7/2022).

Stasiun Kota Baru rupanya masih menyimpan beberapa benda yang berusia lebih dari 50 tahun, seperti induktor genta, bel genta, corong air, meja putar, timbangan, dongkrak kayu, telepon T, hingga brankas yang masih berfungsi sampai saat ini. Selain itu beberapa benta yang sudah tak berfungsi juga masih aman tersimpan, di antaranya bogie ss dan trek por.

“Stasiun Kota Baru ini punya prospek untuk naik status sebagai situs cagar budaya karena di sini bukan cuma bangunannya saja tapi ternyata juga punya peron tinggi yang terhubung dengan terowongan bawah tanah sebagai akses pejalan kaki,” ungkap ketua TACB Kota Malang, Erlina Laksmiani.

Untuk dapat menetapkan kawasan Tugu sebagai kawasan cagar budaya Kota Malang, menurut Erlina dibutuhkan setidaknya 2 situs cagar budaya dalam satu lingkungan. Selain Stasiun Kota Baru, di sekitar Tugu Malang telah terdapat beberapa bangunan cagar budaya seperti Bangunan Balai Kota Malang, Jembatan Majapahit dan Kahuripan yang merupakan struktur cagar budaya, serta SMA Tugu yang juga berpeluang untuk dijadikan sebagai situs cagar budaya SMA Tugu.

 

 

 

Pewarta : Lutfia 

Editor: Ubaidhillah