Tank TNI AL Terguling Di Jalan Tol Surabaya | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
jalan tol surabaya

Tank terguling di jalan tol Dupak - Perak. (foto: screenshot video Patroli Polda Jatim)

satukanal.com, Surabaya – Kecelakaan tunggal terjadi di jalan tol Perak – Waru, Surabaya, pada Jumat (28/1/2022) malam. Truk milik TNI AL yang mengangkut tank menabrak pembatas jalan di sebelah kanan. Akibatnya, tank jatuh dari truk dengan posisi terbalik di sisi kiri jalan.

Kondisi setelah kecelakaan ini direkam oleh video patroli jalan Raya Polda Jawa Timur. Kecelakaan terjadi pada jalur dari Dupak mengarah ke Waru, tepatnya kilometer 9+200 A.

Kecelakaan mengakibatkan kemacetan di tol. “Kecelakaan menutup tiga lajur, sehingga lalu lintas di jalan tol tertutup total,” lapor Bripka Ari dalam rekaman video tersebut.

Arus lalu lintas ke Waru ditutup total dan diarahkan keluar ke exit Satelit. Kecelakaan mengakibatkan kepadatan lalu lintas yang cukup panjang.

Tank Hendak Dibawa ke Bengkel

Mengutip dari radio surabaya, Kolonel Teguh Santoso, Asintel Danpasmar Marinir 2 Gedangan menjelaskan, truk bermuatan tank itu menuju pool (garasi/bengkel perbaikan) di kawasan Sidoarjo. Tank itu hendak diperbaiki.

Menurut  Teguh, sebelum kejadian, jalan turunan dan situasi jalan tol yang sedang macet. Di depan truk yang mengangkut tank itu ada mobil boks yang minggir. Sementara, di depannya ada voorijder (kendaraan pengawalan).

“Kemudian tiba di jalan turunan, di depan kondisi macet. Rem tangan sudah ditarik, langsung banting kanan ditabrakkan ke pembatas jalan supaya tidak ada korban jiwa dan enggak ada kendaraan lain yang terlibat,” kata Teguh. (Danu)