5 Tanaman Hias Pembawa Rezeki, Estetik Dan Mudah Dirawat! | SATUKANAL.COM
Tanaman Hias Pembawa Rezeki

Tanaman anggrek (Foto: freepik)

Satukanal.com, Nasional– Tahukah anda bahwa ada tanaman hias pembawa rezeki yang punya bentuk estetik yang mudah untuk dirawat? Seperti diketahui, Tanaman hias adalah salah satu cara mengatasi kondisi udara yang tercemar oleh polusi di rumah. Tak hanya itu, ternyata beberapa tanaman hias juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Tanaman Hias Pembawa Rezeki

Ada beberapa jenis tanaman hias estetik pembawa rezeki mudah dirawat yang bisa dikoleksi, nih. Kalau ingin tahu deretannya, berikut ini ulasannya menurut berbagai sumber.

1. Tanaman giok

Tanaman giok atau yang lebih sering disebut jade plant adalah tanaman hias pembawa rezeki yang biasa dikenal sebagai pohon uang. Dalam feng shui, bentuk daun yang bulat pada tanaman giok ini melambangkan bentuk uang.

Menurut Love to Know, tanaman giok bisa diletakkan di area uang, kesehatan, atau ketenaran di rumah. Selain itu, tanaman ini juga cocok untuk diletakkan di kantor untuk mengundang kesuksesan dan keberuntungan.

Tanaman giok mendapat manfaat dari menerima sinar matahari penuh setiap hari, tetapi mereka tidak perlu sinar matahari penuh sepanjang hari. Biasanya hanya membutuhkan empat jam sinar matahari setiap hari untuk membantu tanaman giok berkembang.

Melansir dari The Spruce, selama musim panas, pastikan anda menyirami tanaman ini lebih sering agar tanahnya lembap. Tapi, jaga juga agar tanahnya tidak basah.

2. Bambu hoki

Bambu hoki merupakan salah satu tanaman hias cantik yang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Dalam ilmu feng shui, bambu hoki dianggap sebagai tanaman yang membawa energi positif ke dalam rumah.

Baca Juga :  Retinol Jadi Kandungan Skincare yang Populer, Kenali Manfaat, Fungsi dan Cara Penggunaannya!

Mengutip dari laman Love to Know, tanaman hias bambu hoki menyimbolkan keberuntungan. Kalau ingin mengoleksinya, pastikan anda meletakkannya di sudut kekayaan rumah.

Untuk merawat tanaman hias pembawa rezeki ini, anda juga enggak perlu khawatir, nih. Menurut The Spruce, bambu hoki dapat ditanam di tanah pot yang subur dan memiliki drainase yang baik. Oleh karena itu, tanah tetap harus terjaga kelembapannya, tetapi jangan sampai terlalu basah.

Bambu hoki sangat sensitif terhadap klorin dan bahan kimia lain yang biasa ditemukan di air keran. Oleh karena itu, sebaiknya anda menyirami bambu hoki menggunakan air kemasan atau air suling, atau air ledeng yang masih terjamin kemurniannya.

3. Lidah mertua

Mengutip dari laman Parenting First Cry, tanaman hias lidah mertua bisa menyerap dan menghilangkan gas beracun di udara. Hal ini lah yang membuat lidah mertua memancarkan energi perlindungan yang kuat dan melindungi penghuni rumah dari Chi negatif.

Melansir dari The Spruce, tanaman hias pembawa rezeki ini akan tumbuh dengan baik di tanah yang lebih berpasir. Anda bisa menggunakan media tanam yang kandungan gambutnya rendah. Gambut dapat bekerja dengan baik dalam banyak situasi, tetapi dapat menjadi padat dan terkadang mengalami masalah pengeringan.

Terlalu banyak air adalah kelemahan tanaman ini. Jadi, hindari menyiramnya secara berlebihan agar tidak menyebabkan pembusukan pada akar. Anda bisa menyiramnya saat kondisi tanah benar-benar kering.

Baca Juga :  2 Resep Ikan Nila Ini Bisa Dicoba, Mudah Dibuat dan Tak Perlu Banyak Bahan!

4. Bunga lili

Dalam feng shui, bunga lili dianggap sebagai tanaman keberuntungan atau tanaman hias pembawa rezeki. Tanaman ini bisa meningkatkan kualitas udara di rumah.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh bunga lili, anda bisa meletakkan mereka di area rumah tertentu sehingga kondisi udara dapat diperbaiki energinya.

Dilansir laman Indoor Plants for Beginners, tanaman hias ini membutuhkan air dan sinar matahari yang tidak terlalu banyak. Dengan begitu, pastikan untuk anda memperhatikan hal ini.

5. Bunga anggrek

Sama seperti tanaman hias bunga lainnya, tanaman bunga anggrek memiliki daya tarik pada bunganya. Bunga anggrek yang memiliki warna cantik ini dianggap bisa membawa unsur cinta yang bisa membantu meningkatkan hubungan. Karena itu, bunga ini lebih cocok diletakkan di dalam kamar tidur.

Melansir dari Apartment Theraphy, bunga anggrek harus ditanam dengan media tanam yang tepat. Misalnya saja campuran bahan-bahan seperti lumut, kulit kayu, atau potongan batu bata agar akarnya bisa bernapas.

Kebanyakan jenis tanaman bunga anggrek sangat rentan terhadap sengatan sinar matahari nih. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari tanaman hias pembawa rezeki ini dari sinar matahari langsung.

Nah, itulah ulasan mengenai tamanan hias pembawa rezeki yang estetik dan mudah perawatannya. Tanaman-tanaman di atas juga akan menambah keindahan dan kesejuka rumah anda. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba menanamnya di rumah.

 

(Adinda)