Tak Lunasi Pembayaran, 50 Calon Jamaah Haji Asal Jombang Gagal Berangkat Tahun Ini | SATUKANAL.COM

Salim Basawad Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Jombang. (Anggit/satukanal.com)

Satukanal.com, Jombang – Sebanyak 50 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Jombang dipastikan gagal menjalankan rukun islam yang ke 5 pada tahun ini lantaran belum melunasi biaya yang sudah ditetapkan.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Jombang, Salim Basawad mengatakan ada 50 CJH yang memilih untuk mengundurkan diri dengan rincian 38 CJH mengundurkan diri kemudian  12 CJH mutasi keluar.

“Kuota ada 506 orang. Tapi hanya ada 456 CJH yang selesai dan melunasi pembayaran,” ucapnya pada Rabu (25/5/2022).

Salim mengatakan, diperkirakan yang akan berangkat pada tahun ini ada sebanyak 457 orang. Namun jumlah itu belum bisa dipastikan sebab masih ada kemungkinan adanya CJH yang mengundurkan diri lagi.

“Yang akan berangkat ada 457 orang. Tapi itu masih belum final. Kita masih menunggu keputusan ada penambahan kuota atau tidak,” jelasnya. 

Sementara itu, diketahui alasan mundurnya beberapa jamaah haji disebabkan berbagai alasan. Antara lain ingin bergabung dengan pasangan dan keluarga. 

Sebelumnya, jumlah CJH Kabupaten Jombang juga terus berkurang, dari data Kemenag Kabupaten Jombang mencatat jumlah awal, terdapat 1.051 CJH yang masuk waiting list keberangkatan. Setelah dilakukan evaluasi, ada 875 yang sudah melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Dari jumlah tersebut, ada 152 yang berusia di atas 65 tahun. Otomatis yang sudah siap berangkat untuk saat ini adalah 723 CJH

Meski begitu, tidak seluruhnya dari 723 CJH yang berusia 65 tahun kebawah dapat berangkat ke tanah suci. 

 

 

 

Pewarta : Anggit Pujie Widodo
Editor : Ubaidhillah