Tahun 2022, Pertamina Pastikan Pertalite Tetap Dijual | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
pertalite dijual

Ilustrasi Pertamina

Satukanal.comNasional PT Pertamina (Persero) memastikan bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin Pertalite dengan nilai oktan 90 (RON 90) masih akan dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada 2022 mendatang.

“Kami tetap akan menyalurkan Pertalite di tahun 2022,” ujar Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dilansir dari Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Dirinya menekankan, Pertamina tidak akan serta merta menghapus Pertalite. Perseroan akan melakukan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya penggunaan BBM ramah lingkungan dan lebih baik untuk mesin kendaraan.

Baca Juga :  Putri KW Berhasil Menepis Vietnam, Indonesia Unggul 2-1 di SEA Games 2021

Sementara itu, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengisyaratkan BBM premium akan dihapuskan tahun depan.

Menurutnya, penghapusan dilakukan karena kontribusi penjualan premium kecil. Ia menjelaskan saat ini 80 persen dari penjualan BBM Pertamina ditopang BBM jenis Pertalite.

“Penjualannya (premium) kecil. Pertalite hampir 80 persen dari total penjualan BBM,” ujar Ahok.

Karena kontribusi itu, ia menampik Pertalite juga akan dihapus. Ia memastikan Pertalite akan tetap dijual dan tak dikurangi. Bahkan, ia menilai harusnya Pertalite disubsidi ketika premium dihapus.

Baca Juga :  Apa ituTrisula Waisak dalam Perayaan Hari Raya Umat Buddha?

“Tetap dijual dan tidak dikurangi kalau Pertalite. Subsidi bisa beralih ke Pertalite. Itu yang seharusnya jika subsidi BBM,” tambahnya.

Sebagai informasi, perubahan Premium ke Pertalite diprediksi akan menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%. Selanjutnya, perubahan ke Pertamax juga bakal menurunkan emisi sebesar 27%.

 

 

Editor : Naviska