SATUKANAL.COM
Suzuki
Salah satu pembalap Suzuki yang berlaga diajang MotoGP 2022 (Foto: suzuki-motogp.com)
Kanal Sport Internasional

Suzuki Resmi Putuskan Keluar dari MotoGP Setelah Musim 2022 Selesai

Satukanal.com, Internasional — Suzuki menegaskan kalau akhir masa di kejuaraan dunia sepeda motor akan menjadi akhir untuk pabrikan asal Hamamatsu tersebut. Alex Rins serta Joan Mir dan seluruh karyawan seketika akan mencari pekerjaan lainnya buat masa mendatang, hal tersebut buah dari hasil keputusan yang buruk.

Hal tersebut dimulai sehabis uji coba di Jerez pada 2 Mei, anggota tim awal kali diberitahu. Awal mulanya tidak terdapat statment formal dari Suzuki. Selang satu hari setelah itu, Dorna Sports SL, selaku mitra kontrak, mengomentari rahasia umum tersebut.

Awal Mula Terdengar Kabar Suzuki Akan Keluar dari MotoGP 2022:

“Menyusul rumor baru- baru ini tentang kepergian dari MotoGP pada akhir 2022, Dorna Sports secara formal menghubungi pabrikan buat menegaskan mereka kalau syarat kontrak mereka tidak membolehkan mereka membuat keputusan ini secara sepihak,” katanya dikala itu.

Baru pada 12 Mei Suzuki meresmikan apa yang telah dikenal seluruh orang, walaupun kontrak 5 tahun dengan Dorna, mereka mau mundur dari kejuaraan dunia sepeda motor pada akhir masa 2022.

Konfirmasi formal menyusul pada hari Rabu (13/7/2022). Pabrikan asal Jepang tersebut tidak akan ambil bagian di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022, konvensi dengan Dorna rupanya telah tercapai. Diwaktu yang sama, keluar dari Kejuaraan Dunia di akhir musim juga akan diumumkan.

Sejauh ini ia merupakan pabrikan sangat berhasil dalam balap ketahanan– pabrikan asal Jepang itu sudah memenangkan 20 gelar juara dunia di kelas ini. Sehabis 2 dari 4 balapan di tahun 2022, dimana tim Yoshimura SERT Motul mengetuai kejuaraan.

“Suzuki sudah memutuskan buat mengakhiri partisipasinya di Kejuaraan Dunia MotoGP serta EWC buat mengalokasikan sumber energi ke inisiatif keberlanjutan yang lain,” kata Toshihiro Suzuki, selaku Presiden Suzuki Motor Corporation.

“Balap motor senantiasa jadi tempat yang menantang buat inovasi teknologi, dimana terdapat keberlanjutan serta pengembangan manusia. Keputusan ini berarti kami menerima tantangan buat membangun pembedahan bisnis sepeda motor baru dengan memusatkan kembali keahlian teknologi yang sudah kami bangun lewat aktivitas balap sepeda motor. Seluruhnya buat mengeksplorasi metode lain buat warga yang berkepanjangan,” dikutip dari Speedweek.

Ia juga melanjutkan “Saya mau mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada seluruh penggemar, pengendara, serta seluruh pemangku kepentingan kami yang sudah menemani kami serta menunjang kami selama pengembangan semenjak kembali ke kelas MotoGP.”

“Saya akan melaksanakan segalanya buat mendukung Alex Rins, Joan Mir, tim Suzuki Ecstar serta Yoshimura SERT Motul dalam tugas mereka sampai akhir masa,” tegas laki- laki Jepang itu

Seperti diketahu bersama pembalap Suzuki pada kelas MotoGP Joan Mir dan Alex Rins kini berada pada peringkat kedelapan dan kesembilan klasemen sementara MotoGP 2022, keputusan keluar dari MotoGP tersebut akan sangat berdampak pada balapan, namu mereka masih punya peluang untuk masuk pada klasemen papan atas.

(Ali)

Kanal Terkait

Satukanal.com