SATUKANAL.COM
Suzuki di MotoGP
Rider andalan Suzuki Ecstar tampil dalam MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans (Foto: suara.com)
Kanal Sport Internasional BERITA Sport

Suzuki di MotoGP Resmi Pamit Akhir Musim 2022

Satukanal.com, Internasional– Suzuki di MotoGP yang sempat dikabarkan hengkang pada akhir musim 2022 ini terbukti benar. Pabrikan asal Jepang ini menyatakan keluar dari kejuaran balapan dunia tersebut.

Melalui keterangan resmi perusahaan, alasan Suzuki di MotoGP hengkang lantaran kondisi finansial yang mendera perusahaan mereka. Alasan ini pun sama saat Suzuki pamit dari MotoGP di akhir musim 2011.

Suzuki menjelaskan, situasi ekonomi dan kebutuhan untuk fokus pada perubahan besar memaksa perusahaan untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami,” tulis Suzuki dikutip dari laman Suzuki Global dikutip pada Sabtu (14/05/2022).

Sebelumnya Chief Executive Officer Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa perpisahan tim balap Suzuki dari MotoGP hanya tinggal menunggu waktu.

Menurutnya tidak ada solusi yang lebih baik agar Suzuki bertahan di MotoGP.

“Tidak, saya pikir tidak ada solusi. Juga bukan kepentingan kami untuk memaksa siapa pun untuk melanjutkan jika mereka tidak mau. Kami memiliki banyak permintaan untuk dapat mengisi posisi mereka. Dan apa yang harus kami lakukan sekarang adalah bekerja dengan tenang,” kata Carmelo Ezpeleta dikutip dari Marca pekan ini.

Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports dikabarkan memiliki dua pilihan tim untuk menggantikan Suzuki. Keduanya yaitu Leopard Racing dan GasGas.

Dorna sendiri menegaskan prioritas untuk menggantikan posisi Suzuki adalah Aprillia, Ducati, Honda, KTM, dan Yamaha. Apabila fokus utama dengan menyari pabrikan baru, GasGas bisa menjadi pilihan ideal.

Di lain sisi, dengan keluarnya Suzuki dari MotoGP, berarti melanggar kontrak dengan Dorna Sports selaku promotor. Untuk itu, masih ada beberapa urusan hukum yang perlu diselesaikan yang saat ini masih didiskusikan.

“Suzuki Motor Corporation sedang dalam diskusi dengan Dorna terkait kemungkinan mengakhiri partisipasi di MotoGP pada akhir 2022,” tulis keterangan resmi Suzuki.

“Sayangnya, situasi ekonomi sekarang ini dan kebutuhan untuk berkonsentrasi pada upaya untuk perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif selama beberapa tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan dana dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru,” lanjut keterangan tersebut.

Mengenai kedua pebalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir masih belum diketahui bagaimana nasib keduanya untuk musim depan. (adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com