SATUKANAL.COM
Sumber Sira Putukrejo
tim satukanal mahasiswa UTM bersama Bapak Abdidin Fahlefi
Malang Raya BERITA

Jernihnya Air Sumber Sira Putukrejo, Jadi Sumber Mata Air Warga di 2 Kecamatan

Satukanal.com, Kabupaten Malang Sumber Sira Putukrejo Malang adalah destinasi wisata air yang memiliki keunikan tersendiri. Tempatnya terletak di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi yang berada sekitar 20 km arah selatan dari pusat Kota Malang.

Di Sumber Sira Putukrejo ini terdapat sumber air alami dari dalam perut bumi yang diberi pembatas pada sisinya sehingga membentuk seperti kolam atau telaga. 

Sumber Sira Putukrejo memiliki kedalaman berkisar antara 1,5 hingga 2 meter. Di dasar sumber terdapat lumpur halus bercampur kerikil-kerikil kecil. Air yang mengalir dalam sumber sangat jernih. Dan terdapat tumbuhan air sejenis ganggang berwarna hijau serta ikan-ikan kecil.

Sumber Sira Putukrejo, Jadi Sumber Mata Air Warga di 2 Kecamatan
Wisata Sumber Sira Kabupaten Malang (foto: Silvia)

Selain di manfaatkan sebagai irigasi, sumber air ini digunakan warga sekitar untuk mengairi lahan persawahan serta kebutuhan air bersih di dua Kecamatan. 

“Kecamatan Gondanglegi ada 5 desa yaitu, Putukrejo, Sumber Jaya, Bulupitu, Ganjaran, Ketawang. Dan di Kecamatan Bululawang 4 desa yaitu, Gadig, Blambangan, Sukonolo, Bulupayung,” Jelas Pak Abdidin Fahlefi pengelola wisata Sumber Sira Putukrejo Malang.

Sumber Sira yang menjadi sumber air untuk 9 desa di dua kecamatan ini, menghasilkan penghasilan sekitar 1,5 M setiap tahunnya. Tentu saja hal ini sangat berdampak baik untuk ekonomi di desa Putukrejo.

Pendapatan Warga Desa Putukrejo 

“Perolehan dari air yang sudah dialirkan ke 2 kecamatan dan sementara masih 9 desa ini menghasilkan sekitar 1,5 M setiap tahunnya. Tentu saja pendapatannya itu kembali lagi ke warga desa putukrejo dalam bentuk pengembangan ekonomi dan wisata Sumber Sira itu sendiri,” Pungkasnya.

Dengan keberadaan wisata Sumber Sira Putukrejo ini memberikan inspirasi bahwa sinergi antara pihak warga dengan pemerintah desa dalam mengoptimalkan potensi alam yang ada menjadi wisata yang mampu menggerakkan geliat ekonomi masyarakat sekitar. 

Pewarta: Putri
Editor: Tim Mahasiswa UTM

Kanal Terkait

Satukanal.com