5 Spot Snorkeling Di Malang Yang Wajib Dicoba, Ada Keindahan Bawah Laut Hingga Danau Menakjubkan! | SATUKANAL.COM
spot Snorkeling di Malang

Sumber Sirah (Foto: Instagram @sumbersirah)

Satukanal.com, Nasional– Bosan dengan liburan yang itu-itu saja? Jangan khawatir, ada spot snorkeling di Malang yang bisa Anda coba.

Jika selama ini Malang terkenal dengan wisata kuliner serta wisata tamannya, mungkin Anda perlu mencoba untuk berlibur ke kawasan selatan Malang. Deretan pantai yang menarik bisa menjadi rekomendasi wisata seru Anda.

Terlebih, di beberapa pantaai yang arusnya lumayan tennag, Anda bisa melakukan snorkleing yang mengasyikkan.

Rekomendasi Spot Snorkeling di Malang

Nah, berikut ini beberapa spot snorkeling di Malang yang keindaahan bawaha lautnya cukup mempesona. Di lokasi ini, Anda bahkan bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Simak ulasannya:

1. Pantai Tiga Warna

Patai Tiga Warna (Foto Instagram @pantaitigawarna)

Berbeda dengan pantai lain yang bisa didatangi sewaktu-waktu. Pantai Tiga Warna yang terletak di Kecamatan Sitiarjo, Malang menerapkan sistem reservasi.

Biasanya satu kelompok dengan maksimal 10 orang harus membayar sekitar Rp300.000,00. Uang itu akan digunakan sebagai sewa lahan dan tenda serta tiket masuk. Pembatasan ini dilakukan karena pantai ini masih masuk dalam kawasan hutan lindung dan agar kebersihannya selalu terjaga.

Di Pantai Tiga Warna Anda bisa melihat indahnya air laut dengan gradasi tiga warna. Semakin ke tengah warnanya semakin pekat dan terlihat indah.

Di sini kamu bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang memukau. Air laut yang jernih membuat visibilitas air semakin tinggi hingga kamu bisa melihat keindahan yang ada di dalam sana.

2. Pantai Bolu-Bolu

Pantai Bolu Bolu (Foto: Instagram @pantaibolubolu)

Spot Snorkeling di Malang selanjutnya adalah Pantai Bolu-Bolu. Pantai ini terletak di Malang Selatan atau tepatnya di Kecamatan Tirtoyudo. Untuk bisa sampai di pantai ini, Anda harus datang terlebih dahulu di kawasan Pantai Lenggoksono.

Baca Juga :  5 Tanaman Hias Pembawa Rezeki, Estetik dan Mudah Dirawat!

Dari sini Anda bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp50.000 setiap orang dan perlengkapan snorkeling sekitar Rp25.000 sekali pakai untuk paket ke Lengoksono, Bolu-bolu, dan air terjun Banyu Anjlok.

Dari kawasan Lenggoksono kamu akan dibawa menggunakan kapal menuju kawasan Bolu-bolu. Di sini Anda bisa menceburkan diri di dalam air dan memulai snorkeling.

Anda bisa menikmati indahnya bawah air selama kurang lebih 1-2 jam sebelum akhirnya berlanjut ke kawasan air terjun Banyu Anjlok yang sangat unik karena airnya langsung mengalir menyatu dengan pantai.

3. Sumber Sirah

Sumber Sirah (Foto: Instagram @sumbersirah)

Snorkeling memang selalu identik dengan penyelaman di kawasan laut untuk melihat pemandangan bawah airnya yang memukau. Namun, kalau Anda pergi ke kawasan Gondanglegi, Malang, snorkeling akan dilakukan di dalam kolam air tawar yang sangat jernih.

Di sini kamu bisa melihat keindahan pemandangan bawah air yang unik dan susah ditemui di daerah lain.  Di tempat ini Anda tidak akan mendapatkan terumbu karang, tapi mendapatkan tanaman Hydrilla yang tumbuh dengan sangat bebas.

Selain itu ikan-ikan air tawar yang kecil-kecil juga kerap berseliweran di sekeliling penyelam. Jika Anda ingin datang ke sini pastikan menggunakan kendaraan pribadi dan datang di pagi atau sore hari di mana suasananya sudah sepi dan tidak ada terik matahari.

4. Sumber Jenon

Sumber Jenon (Foto: Instagram @sumber_jenon_official)

Spot snorkeling di Malang berikutnya adalah Sumber Jenon. Lokasinya terletak di Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur

Baca Juga :  Ramai Soal Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw, Apa itu?

Di sini memang tidak ada terumbu karang atau tanaman ganggang seperti di Sumber Sirah, tapi yang menunggumu adalah tongak kayu raksasa yang ada di dalam air.Konon, umurnya sudah ratusan tahun.

Untuk bisa memasuki kawasan in cukup dengan membayar parkir sekitar Rp5000. Anda bisa menggunakan mobil atau pun motor untuk menuju ke lokasi ini.

Saat Anda berkunjung ke Sumber Jenon, Anda akan disajikan pemandangan yang asri, udara yang sejuk serta Anda juga bisa bersnorkeling ria untuk menyaksikan keindahan bawah airnya. Spot snorkeling di Malang ini tak kalah apik dengan lokasi lainnya.

5. Pantai Kletekan

Pantai Kletekan (Foto: Instagram @malangchannel)

Selain Bolu-bolu ada juga Pantai Kletekan, wisata Kabupaten Malang yang masih jarang dikunjungi orang. Di tempat ini, Anda bisa menemukan jernihnya air laut yang berwarna agak kehijau-hijauan dari kejauhan.

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang berpasir, kawasan ini dipenuhi batu yang cukup besar hingga kamu harus berhati-hati ketika berjalan. Meski begitu, pantai ini punya keindahan alam yang tak kalah menarik dari lainnya.

Anda juga bisa melakukan snorkeling di kawasan ini. Begitu masuk ke dalam air laut, Anda akan disuguhi dengan pemandangan bawah air yang memukau. Terumbu karang dan biota laut tampak sangat menakjubkan hingga rasanya betah berlama-lama untuk tinggal di sini. Spot Snorkeling di Malang ini patut untuk dicoba.

Itulah beberapa spot snorkeling di Malang yang menyimpan keindahan luar biasa dan tidak kalah dengan yang dimiliki Indonesia Timur. Sebenarnya masih banyak lagi spot-spot snorkeling yang patut dikunjungi di kawasan tersebut.

 

(adinda)