Siapakah Sosok Budi Santosa Purwokartiko Yang Viral Lantaran Tulisannya Dituding Rasis? | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
Budi Santosa Purwokartiko

Budi Santosa Purwokartiko ((Foto: dok its.ac.id)

Satukanal.com, Nasional– Nama Budi Santosa Purwokartiko mendadak menjadi perbincangan usai tulisannya viral dan ramai di media sosial. Tulisan sosok guru besar sekaligus rektor Institut Kalimantan (ITK) ini pun dinilai memuat unsr rasisme dan islamofobia.

Diunggah melalui status Facebook pribadinya pada Rabu (27/04/2022), salah satu bagian tulisan menyinggung soal perbandingan mahasiswa yang sempat ia wawancarai untuk seleksi beasiswa dengan mahasiswa yang kerap membahas soal kehidupan setelah mati dan menggunakan istilah-istilah Islami.

“Tidak bicara soal langit atau kehidupan sesudah mati. Pilihan kata2nya juga jauh dari kata2 langit:insaallah, barakallah, syiar, qadarullah, dsb.,” tulis Prof. Budi Santosa melalui akun Facebook pribadinya.

Ia juga menggunakan istilah ‘penutup kepala manusia gurun’ yang ia muat dalam tulisannya. “Jadi 12 mahasiswi yang saya wawancarai, tidak satu pun menutup kepala ala manusia gurun.,” lanjut Budi Santosa dalam tulisannya.

Baca Juga :  Setelah Miliki Rating Tinggi, Fall Guys Siap Meluncur di Nintendo Switch, Xbox, dan Epic Games Store dengan Gratis

Terkait keramaian tersebut, publik pun mempertanyakan siapaka sosok Budi Santosa Purwokartikoini. Bagaimana latar belakangnya dan profilnya? Berikut ulasannya:

Profil Budi Santosa Purwokartiko

Dilansir dari suara.com, Professor Budi Santosa Purwokartiko menjabat sebagai rektor ITK yang menekuni disiplin ilmu bidang teknik industri. Sosok guru besar tersebut dilahirkan di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Klaten pada 12 Mei 1969 silam.

Ia berhasil lulus pada 1992 dengan menempuh pendidikan dalam disiplin ilmu yang ia tekuni di jurusan teknik industri Institut Teknologi Bandung.

Ia menjabat sebagai rektor ITK selama dua periode, yakni 2014-2018 dan 2018-2022.

Professor Budi Santosa Purwokartiko  pun sempat belajar di luar negeri. Ia merupakan tamatan University of Oklahoma, Amerika Serikat dan memperoleh gelar Master dan Doktor di perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga :  Tiket Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Ludes Terjual

Selain itu, ia juga dilantik sebagai guru besar di ITS dalam bidang teknik industri. Budi Santosa Purwokartiko pernah mengajar di Institut Teknik Sepuluh November (ITS) Surabaya sebagai dosen teknik industri.

Spesialisasinya ada pada bidang data mining, optimasi dan metaheuristik. Tak hanya aktif sebagai akademisi, ia juga turut andil dalam program beasiswa LPDP sebagai pewawancara Departemen Keuangan dari 2013 silam.

Tak berhenti disitu saja, Ia juga pernah berkontribusi sebagai Anggota Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Dirjen Kelembagaan Dikti yang ia emban sejak 2015. (adinda)