Sarat Sejarah, Pemkot Rancang Wisata Heritage Jembatan Lama Kota Kediri | SATUKANAL.COM
Lampu Jembatan Lama Kediri

Bangunan Cagar Budaya, Tiang Lampu Jembatan Lama Kota Kediri Bakal Direstorasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri bakal merestorasi bagian tiang lampu Jembatan Lama Kota Kediri atau Brug Over den Brantas te Kediri. Wisata heritage tengah dirancang dengan konsep city tour.

Satukanal.com – Anis Firmansyah

Jembatan Lama Kota Kediri atau Brug Over den Brantas te Kediri telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Maka, upaya-upaya pelestarian bangunan bakal terus dilakukan. Salah satunya upaya restorasi tiang lampu jembatan yang akan dikembalikan seperti aslinya.

“Nanti kita akan koordinasi dengan pemerhati sejarah yang sudah mempunyai desain, blue print kita akan upayakan untuk mengembalikan,” kata Zachrie Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri kepada satukanal.com, Sabtu (19/3/2022).

Dengan cerita sejarah pembangunan Jembatan Lama, menurut Zachrie, Pemerintah Kota Kediri memiliki program untuk memasukkan Jembatan Lama sebagai salah satu destinasi wisata sejarah. Wisatawan akan diajak untuk mengunjungi berbagai bangunan heritage yang ada di kota Kediri dengan konsep city tour.

Sementara itu, Koordinator Pokok Pokok Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Kediri Imam Mubarok, sekaligus peneliti Jembatan Brug Over den Brantas te Kediri atau biasa disebut Jembatan Lama ini mengatakan Jembatan Lama ini berdiri hampir satu setengah abad dibangun sejak tahun 1853.

Baca Juga :  Upacara Tradisi Manusuk Sima, Walikota Kediri Maknai Kebangkitan Ekonomi 

Sejumlah pernak pernik, seperti tiang lampu disepanjang badan jembatan dinilainya juga mengalami perubahan. Maka perlu  restorasi untuk mengembalikan keaslian keindahan bangunan cagar budaya tersebut.

“Memang ada beberapa paling dominan soal lampu. Jadi nanti akan kita kembalikan sesuai bentuk tiang (lampu) yang lama. Sehingga masyarakat melihat masa lalunya (jembatan) adalah seperti itu lagi,” katanya.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan menetapkan Jembatan Lama sebagai cagar budaya pada tanggal 15 maret 2019. Tepat pada ulang tahun ke-150 pada pada 18 Maret 2019, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menetapkan Jembatan Lama Kota Kediri  sebagai cagar Budaya bersamaan dengan peresmian Jembatan Brawijaya yang berada di sampingnya.

Baca Juga :  Penindakan Rokok Ilegal oleh Bea Cukai Kediri Tahun Ini Meningkat 4 Kali Lipat

Penetapan cagar budaya ini diharapkan mendorong semua pihak agar ikut melestarikan sejarah Jembatan Lama yang merupakan jembatan konstruksi besi pertama di Pulau Jawa. (*)

Editor : Danu

Rangkaian Liputan Jembatan Lama Kota Kediri:

Kuno Kini Brug Over den Brantas te Kediri, Jembatan Konstruksi Besi Pertama di Pulau Jawa

Sarat Sejarah, Pemkot Rancang Wisata Heritage Jembatan Lama Kota Kediri

Jembatan Lama Kota Kediri Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini

PPKD Kota Kediri Minta Instalasi Kabel dan Pipa di Jembatan Lama Dipindah, karena Mengancam Keberlangsungan Sejarah