Sambut Hari Lahir Pancasila, Pemkot Blitar Gelar Kirap Pusaka Dan Pawai Lampion | SATUKANAL.COM

Foto : Kirap Bedhol Pusaka dengan diiringi Pawai Lampion sambut hari lahir Pancasila di Kota Blitar (Bahtiar/ Satukanal)

Satukanal.com, Blitar – Pemerintah Kota Blitar menggelar  kirap Bedhol Pusaka dan Pawai Lampion, Selasa (31/6/2022) malam. Ribuan masyarakat terlihat tumplek blek menyaksikan ritual yang dikenal dengan Grebeg Pancasila tersebut.

Walikota Blitar Santoso mengatakan, Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera merupakan rangkaian acara Grebeg Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Bedhol Pusaka kita arak dari Istana Gebang rumah masa kecil Bungkarno menuju ke Balai Kota dengan diiringi pawai lampion bertema pancasila,” terang santoso.

Baca Juga :  Bangkitkan Nasionalisme, Pemkot Blitar Bagikan 1000 Bendera Merah Putih ke Warga

Peserta Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera para pelajar SMP, SMA, dan SMK se-Kota Blitar. Para peserta menampilkan kreasi lampion dengan simbol-simbol burung Garuda dan lambang Pancasila.

“Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera ini menjadi rangkaian acara Grebeg Pancasila. Rencananya, besok juga akan diadakan upacara Grebeg Pancasila dan dilanjutkan Kirab Gunungan Lima,” katanya. 

Sememtara, masyarakat terlihat antusias menyaksikan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera yang sudah dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19.

Baca Juga :  HUT ke-77 RI, 221 Napi LP Blitar Diusulkan Dapat Remisi

“Dua tahun ini tidak ada Pawai Lentera karena pandemi. Sekarang baru digelar, makanya antusias masyarakat untuk melihat tinggi,” kata Nindi Alifia salah satu warga yang menyaksikan Kirab Bedhol Pusaka dan Pawai Lentera.(ADV)

 

 

 

 

Pewarta: Gilang Bachtiar 
Editor: Ubaidhillah