RSUD SLG Kediri Kewalahan Tampung Pasien Covid | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
Covid di Berbagai Usia, RS SLG Kediri Kewalahan Tampung Pasien

RS SLG Kabupaten Kediri (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)

Satukanal.com, Kediri – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SLG rujukan Covid-19 di Kabupaten Kediri mengaku kewalahan menangani pasien Covid-19 yang membludak dalam sepekan ini. Saking banyaknya beberapa harus dirawat di lobi IGD dan di tenda darurat.

Koordinator Keperawatan IGD Rumah Sakit Simpang Lima gumul (SLG) Slamet Hidayat mengatakan, di gelombang kedua ini petugas lebih kewalahan sebab virus Covid-19 saat ini menginfeksi pasien dari segala usia.

“Karena saking banyaknya pasien kita juga mendirikan tenda darurat, para tenaga kesehatan disini saat ini sudah kewalahan dengan banyaknya pasien covid yang harus ditangani,”” jelas Slamet kepada satukanal.com, Jumat 9 Juli 2021.

Baca Juga :  Viral Remaja Tawuran Menggunakan Sarung, Polres Kediri: Pelakunya Kami Minta Wajib Lapor

Dia juga mengatakan, berbeda dengan kondisi awal masa pandemi saat ini pasien covid yang memerlukan perawatan mulai dari muda hingga lanjut usia.

“Jika dulu di awal pandemi yang rawan gejala berat hanya lansia dan yang mempunyai penyakit bawaan, saat ini yang berusia usia muda pun juga mengalami gejala serupa (gejala berat covid),” katanya.

Meski mengalami over kapasitas, pihaknya tetap berupaya untuk menerima dan menangani pasien yang datang. Bahkan terpaksa ruang lobi di depan IGD, dialihfungsikan sebagai ruang perawatan untuk menampung para pasien.

Baca Juga :  Soal Dugaan Pungli Tiket Bendung Gerak Waru Turi, Begini Kata Pengelola   

Menurutnya, setiap pasien yang masuk ke IGD setelah diskrining untuk memilah mana pasien covid dan non covid. Hal tersebut untuk meminimalisir penularan di lingkungan RS SLG Kabupaten Kediri.

“Semua di Screaning sedemikian rupa untuk meminimalisir penularan lebih banyak lagi,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Ubaidhillah