Ratusan Sapi Di Kota Blitar Disuntik Vaksin PMK Tahap Dua | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Blitar – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar mulai menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis kedua untuk sapi pada Selasa (26/7/2022).

Vaksin PMK dosis kedua dimulai untuk hewan ternak di wilayah Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

“Vaksin PMK dosis dua kami mulai hari ini di Kelurahan Ngadirejo. Vaksin PMK dosis dua dilaksanakan setelah sebulan pemberian vaksin dosis pertama,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah.

Rodiyah mengatakan kali ini Kota Blitar mendapat pasokan 11 botol atau 1.100 dosis vaksin PMK dari Pemprov Jatim. Dari 1.100 dosis vaksin PMK itu sebanyak 900 dosis digunakan untuk vaksin kedua sedang 200 dosis untuk vaksin dosis pertama.

“Hari ini, targetnya ada 100 ekor sapi yang mendapat suntikan vaksin PMK dosis kedua,” ujarnya.

Dikatakannya, jumlah vaksin PMK yang diterima masi belum mencukupi untuk semua sapi di Kota Blitar. Populasi sapi di Kota Blitar mencapai 4.000 ekor.

“Kalau melihat populasi sapi secara total, jumlah vaksin PMK yang kami terima masih belum mencukupi. Tapi, kami juga melihat stok vaksin di provinsi. Selama stok ada, kami akan mengajukan vaksin PMK,” katanya.

Menurutnya, sapi yang mendapat vaksin PMK harus dalam kondisi sehat. Selain itu, sapi yang disuntik vaksin PMK juga tidak hendak dijual dalam waktu dekat.

“Sapi yang sakit tidak boleh disuntik vaksin PMK. Secepatnya, kami akan menyelesaikan vaksin PMK dosis kedua,” ujarnya.

 

 

Pewarta: Bahtiar 

Editor: Ubaidhillah 

Advertisements