Puasa Muharram 2022, Kapan Jadwalnya Dan Bagaimana Niat Puasanya?
Puasa Muharram

Ilustrasi pelaksanaan puasa yang identik dengan kudapan kurma (Foto: Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Kapan Puasa Muharram bisa dilakukan? Menurut perhitungan kalender Hijriyah, tanggal 1 Muharram 144 Hijriyah kali ini jatuh pda Sabtu (30/7/2022). Di awal bulan pertama Hijriyah itu, dikutip dari NU Online, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Puasa ini jug sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. Dalam haditsnya, sebagaimana dilansir NU Online dalam tulisan Tiga Macam Puasa Muharram, Nabi Muhammad saw menyebutnya sebagai puasa Muharram setingkat di bawah puasa Ramadhan.

Puasa ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. Dalam haditsnya, sebagaimana dilansir NU Online dalam tulisan Tiga Macam Puasa Muharram, Nabi Muhammad saw menyebutnya sebagai puasa Muharram setingkat di bawah puasa Ramadhan.

Dalam riwayat lain dari kitab al-Musnad juga dijelaskan, orang yang berpuasa di bulan Muharram dapat diterima taubatnya oleh Allah SWT.

“Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain.” (HR Tirmidzi).

Kapan Puasa Muharram?

Terkait kapan puasa itu, Imam Almubarakfuri menguraikannya dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi, Syarah atas Kitab Sunan Tirmidzi. Ia menulis, bahwa puasa di bulan Muharram ada tiga jenis sebagai berikut.

Pertama, puasa paling utama di bulan Muharram ialah puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya, yaitu tanggal 9 dan 11. Kedua, puasa di hari kesembilan dan kesepuluh. Ketiga, puasa di hari kesepuluh saja.

Dari penjelasan di atas, umat Islam sangat dianjurkan untuk berpuasa di bulan Muharram pada tanggal 9, 10, dan 11. Jika tidak, umat Islam dapat menjalankannya di tanggal 9 dan 10.

Namun, kalau hanya mencukupkan diri untuk puasa sehari, maka dianjurkan berpuasa di tanggal 10 Muharram. Selain puasa di tiga tanggal tersebut, umat Islam juga dapat menjalankan puasa sunnah di bulan Muharram pada tanggal-tanggal putih, yaitu saat bulan purnama.

Puasa ini biasa disebut puasa Ayyamul Bidh, yaitu puasa di tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulannya, termasuk Muharram.

Jadwal Puasa di Bulan Muharram

Jadwal Puasa Tasu’a

  • 9 Muharram 1444 H jatuh pada 7 Agustus 2022

Jadwal Puasa Asyura

  • 10 Muharram 1444 H jatuh pada 8 Agustus 2022

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh

  • 13 Muharam 1444 H jatuh pada 11 Agustus 2022
  • 14 Muharam 1444 H jatuh pada 12 Agustus 2022
  • 15 Muharam 1444 H jatuh pada 13 Agustus 2022

Niat Puasa

Sebagaimana pelaksanaan puasa lainnya, puasa bulan Muharram di atas juga perlu diawali dengan niat bagi muslim yang hendak melaksanakannya.

Sebagai amalan sunnah, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri dalam Kitab Minhajul Muslim mengatakan, niat puasanya boleh diamalkan pada pagi atau siang hari setelah waktu fajar selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Niat puasa Tasu’a

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ. 

Artinya : Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’âlâ.

Niat puasa Asyura 

Nawaitu shauma Âsyûrâ-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya : Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’âlâ.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat berpuasa besok pada Ayyamul Bidh sunnah karena Allah Ta’ala.

Selain niat di dalam hati juga disunnahkan mengucapkannya dengan lisan.

Tata cara puasa Muharram

Pada dasarnya, tata cara puasa Muharram hampir sama dengan puasa Ramadhan ataupun puasa sunnah lainnya. Namun, untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut terkait tata cara puasa di bulan Muharram

 

  • Berniat
  • Makan sahur. Adapun lebih utama makan sahur dilakukan menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak
  • Melaksanakan puasa dengan menahan diri dari segala hal yang membatalkan, seperti makan, minum dan semisalnya.
  • Lebih menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan segala perbuatan dosa.
  • Segera berbuka puasa saat tiba waktu maghrib.

Demikianlah ulasan mengenai puasa Muharram mengenai kapan jadwalnya, bagaimana niat puasanya serta tata caranya. Semoga dengan adanya informasi kapan puasa di bulan Muharram ini dilaksanakan, dapat membantu kalian untuk mempersiapkan salah satu ibadah ini. Semoga bermanfaat.

 

(Adinda)

Advertisements