Profil Lecce, Klub Yang Sukses Promosi Ke Serie A Musim 2022-2023
Lecce

Alvin Sariaatmadja bersama dengan petinggi klub US Lecce lainnya saat pengumuman pemegang saham terbarunya (Foto: IG @uslecce)

Satukanal.com – US Lecce merupakan klub sepak bola italia yang sahamnya dimiliki oleh salah satu pengusaha tanah air, yakni Alvin Sariaatmadja, yang merupakan bagian dari keluarga persahaan Emtek di Indoensia.

Alvin yang masih tergolong muda tergabung dengan pemegang sahan US Lecce bersama dengan Saverio Sticchi Damiani, Boris Fancesco, Jean Collardi, dan Pascal Picci.

Bagi penggemar Serie A Italia, nama klub US Lecce tentu tak asing di telinga.

Lantaran, dalam beberapa decade Lecce sempat bermain di kasta tertinggi sepak bola Italia, sebelum klub tersebut turun kasta ke Serie B. Hingga kini akhirnya berhasil promosi kembali ke Serie A Italia 2022-2023.

Profil Klub US Lecce

Klub yang dibentuk pada tahun 1927 ini awalnya didirikan sebagai Sporting Vlub Lecce pada 15 Maret 1908, yang juga terdapat olahraga lain selain sepak bola.

Kini klub tersebut dikenal dengan Unione Sportiva Lecce atau biasa disingkat US Lecce, yang akan menjadi klub promosi ke Serie A musim depan.

Lecce terakhir merasakan kasta tertinggi sepak bola Italia pada musim 2019-2020. Musim berikutnya mereka gagal promosi setelah kalah dari Venezia di semifinal.

Usaha Lecce baru membuahkan hasil di musim 2021-2022, setelah sukses menjuarai Serie B dan berhak promosi dipentas Serie A musim depan.

Klub yang identik dengan kostum bergaris merah kuning ini awalnya memiliki warna identik lainnya yakni hitam dan putih. Namun warna itu sudah melekat pada raksasa Italia, Juventus.

Lambang Lecce yang merupakan serigala betina di bawah pohon oak yang menjadi ikon dari Kota Apulia.

Penggemar Lecce biasa disebut dengan Salentini atau Gialorossi, serta memiliki lagu resmi dengan judul Gialorrosi Sampreyang yang diceiptakan oleh Gioy Rielli.

Nama Pantaelo Corvino disebut-sebut menjadi salah satu orang di balik suksesnya Lecce promosi kembali ke Serie A musim depan

Corvino sendiri bukanlah nama yang asing di kancah sepak bola Italia, Pantaelo Corvino merupakan direktur teknis klub Lecce.

Corvino punya reputasi bagus dalam mencari dan merekrut talenta-talenta, yang kemudian ia orbitkan untuk menjadi pamain top untuk sejumlah klub Serie A.

Lecce bersama dengan Corvino cukup dibilang berhasil, setelah mereka sukses promosi.

Peran Corvino dalam merekrut pemain untuk Lecce dinilai menjadi salah satu kunci keberhasilan Lecce bisa bermain di Serie A musim depan.

Sejumlah rekrutan Corvino yang sudah bisa dilihat di antaranya striker Javier Chevanton, Valeri Bojinov, Mirko Vucinic, dan mantan gelandang Lazio Cristian Ledesma.

CC: Ali Bisri
Editor: U Hadi