SATUKANAL.COM
Profesi enumerator
(freepik.com)
Trending BERITA

Sangat Ramai di Medsos! Profesi Enumerator itu Apa Sih?

Satukanal.com, NasionalProfesi Enumerator kini menjadi viral lantaran netizen bernama Dhinia Eka (22) bercerita mengenai pengalaman pahitnya menjadi seorang Enumerator di salah satu lembaga pemerintah. Kisahnya itu disampaikan melalui media sosial Twitter dan viral pada Selasa (8/11/2022).

Pada akunnya Dhinia menuliskan “Honor kami semakin disunat. Jadi hanya 150ribu per hari tanpa uang makan, nginep, askes. Untung saja kami belum tanda tangan kontrak,” tulis Dhinia..

Dhinia mengaku bahwa para Enumerator mundur setelah honor mereka dipangkas sekitar 80 persen. Sebelum honornya dipotong, Dhinia mengaku bahwa gaji yang diterimanya itu termasuk normal.

“Angka segitu (honor awal) adalah jumlah yang normal mengingat jobdesk kami,” katanya

Hingga Rabu (9/11/2022), utas milik Dhinia itu sudah dikomentari oleh 374 warganet, dibagikan kepada 6.792 akun, dan disukai hingga 19.100 pengguna akun Twitter.

Sementara itu, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyangkal informasi yang beredar di media sosial tersebut.

Lantas, apa sebenernya profesi Enumerator itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Profesi Enumerator itu Apa Sih?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tugas tim survei dalam kegiatan pengumpulan data.

Melansir dari Best Accredited Colleges, Enumerator biasanya dipekerjakan untuk sementara waktu. Mereka akan melakukan riset atas nama sebuah institusi penelitian.

Di Amerika contohnya, Enumerator dibutuhkan setiap sepuluh tahun untuk melakukan sensus penduduk Amerika Serikat. Profesi Enumerator akan bertugas untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan kemudian mendokumentasikan dan melaporkannya dengan tepat.

Mereka akan menyelesaikan penelitian mereka di bidang tertentu yang dimulai dengan meninjau bidang yang ditugaskan serta menyiapkan skema yang efisien.

Setelah skema direncanakan, mereka akan mencari data melalui wawancara atau metode lainnya. Profesi Enumerator juga harus mengidentifikasi diri mereka sendiri dan membantu narasumber mengisi formulir penelitian.

Nantinya, hasil data yang dianalisis itu akan dipresentasikan pada penyelenggara penelitian dan masyarakat luas. Bekerja di bidang penelitian, seorang Profesi Enumerator harus terhindar dari bias dan perasaan lainnya yang dapat mengganggu proses pemungutan data.

Umumnya, Enumerator akan melaksanakan penelitian berdasarkan latar belakang pendidikan mereka. Adapun gaji mereka bervariasi tergantung lokasi.

Tugas pokok seorang Enumerator adalah memuat data untuk keperluan penelitian. Berikut ini tugas yang dilakukan oleh Enumerator:

  • Menanyakan tentang berbagai informasi spesifik, misalnya nama seseorang, usia, preferensi agama, alamat dan negara tempat tinggal
  • Mengumpulkan, merekam, dan menyandikan informasi dari survei
  • Melakukan wawancara dengan individu baik melalui surat, telepon, atau secara langsung
  • Mengenali dan mempertanggungjawabkan masalah dalam memperoleh data
  • Menyerahkan tugas yang telah diselesaikan kepada supervisor dan mendiskusikan perkembangan setiap hari
  • Meninjau data yang dikumpulkan dari wawancara untuk memeriksa apakah data tersebut lengkap dan akurat
  • Membantu individu dalam mengisi kuesioner
  • Mempresentasikan hasil penelitian untuk persetujuan publikasi dalam bentuk jurnal atau seminar
  • Memaparkan proses dan hasil riset selengkap-lengkapnya pada masyarakat luas.

Keterampilan yang Dibutuhkan Pekerjaan Enumerator

Enumerator sebaiknya memiliki sejumlah kemampuan untuk memperhatikan secara penuh apa yang dikatakan orang lain, memahami pokok pembicaraan yang disampaikan, dan mengajukan pertanyaan yang tepat.

Selain itu, Enumerator juga harus tahu bagaimana berbicara dengan orang lain dengan cara efektif untuk menyampaikan informasi.

Penting bagi seorang Enumerator untuk mengumpulkan informasi dengan mengamati, menerima, dan memperoleh data. Dalam bekerja, Enumerator harus mengenali dan memahami reaksi orang lain dan mampu menulis informasi yang relevan secara efektif.

Tidak kalah penting, seorang Enumerator perlu memiliki kemampuan analisis untuk menentukan apakah prosedur tertentu sesuai dengan Undang-Undang dan standar peraturan atau tidak.

Itulah pejelasan mengenai Profesi Enumerator, sudah tahu kan sekarang?

(Putri/Silvia)

Kanal Terkait

Satukanal.com