Prodamas Award Dimulai, Pemkot Kediri Berikan Arahan Kepada Forum RT/RW | SATUKANAL.COM
Prodamas Award

Berlokasi di ruang Joyoboyo, Balaikota Kediri, sebanyak 58 orang anggota forum RT/RW Kota Kediri mendapatkan pengarahan langsung tentang teknis pelaksanaan Prodamas Award tahun 2022 (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri)

Satukanal.com, Kediri– Setelah sebelumnya Pemerintah Kota Kediri melalui Bagian Pemerintahan melakukan sosialisasi kepada para lurah dan kepala seksi ekonomi pembangunan, Rabu malam, (22/6/2022) giliran forum RT/RW Kota Kediri yang mendapatkan pengarahan menyoal dimulainya ajang Prodamas Award tahun 2022.

Berlokasi di ruang Joyoboyo, Balaikota Kediri, sebanyak 58 orang anggota forum RT/RW Kota Kediri mendapatkan pengarahan langsung tentang teknis pelaksanaan Prodamas Award tahun 2022. Dimana penilaian ini ditujukan pada realisasi pelaksanaan Prodamas Plus tahun 2021.

Dijelaskan oleh Plt. Kepala Bagian Pemerintahan, Paulus Luhur Budi Prasetya, kegiatan Prodamas Award 2022 ini sengaja rutin digelar setiap tahunnya sejak Prodamas ada sebagai bentuk manifestasi sekaligus merangsang kreativitas masyarakat dalam mengola Prodamas di lingkungannya.

“Kegiatan ini hadir sebagai ajang kompetisi inovasi dan kreativitas bagi para penerima Prodamas Plus dalam membuat program demi kemajuan dan kenyamanan warga”,ungkapnya, Kamis, (23/6/2022).

Baca Juga :  Pelatih Persik Enggan Anggap Remeh Tim Lawan, Siap Curi Poin Tuan Rumah Persita Tangerang 

Berbeda dari tahun sebelumnya, penyelenggaraan Prodamas Award tahun ini mengacu pada Peraturan Walikota Kediri (perwali) nomor 23 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Prodamas Plus Tahun 2021. Hal ini dikarenakan metode pengelolaan Prodamas Plus ini berbeda dengan prodamas biasanya.

Dari segi kucuran dana, Prodamas Plus mendapat sebesar Rp100 juta per RT atau naik Rp 50 juta bila dibanding program sebelumnya.

Tidak hanya itu, untuk kegiatan Prodamas yang awalnya melibatkan kelurahan atau Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) kini murni dikerjakan masyarakat.

“Dalam pengelolaannya, kegiatan Prodamas Award berpedoman pada empat prinsip, meliputi: transparan, partisipatif, akuntabel, dan berkelanjutan.” tandasnya.

Sebagai informasi, dalam Prodamas Award 2022 ini mengompetisikan 1.478 RT se-Kota Kediri, pokmas pelaksana Prodamas Plus TA 2021, dan tenaga pendamping lapangan Prodamas Plus TA 2021.

Baca Juga :  Hanya dalam 6 Hari, Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Razia Satlantas Polresta Kediri

Prodamas Plus 2022 ini akan memperebutkan gelar terbaik di lima bidang. Mulai dari bidang pembangunan infrastruktur; sosial, budaya, dan kesehatan; pendidikan dan kepemudaan, dan ekonomi. Juga ada penghargaan untuk kinerja pokmas dan tenaga pendamping.

Sementara itu, ada tiga tahapan yang harus dilalui setiap peserta, yakni seleksi pertama pada pengisian kuisioner melalui website resmi https:bit.ly/prodamasplusaward2022, Selanjutnya akan dipilih 100 peserta yang lolos kuesioner untuk memasuki tahapan seleksi kedua. Yaitu menulis karya tulis tentang pelaksanaan seluruh program.

“Dari karya tulis tersebut, selanjutnya akan dipilih 50 peserta terbaik yang lolos untuk melaju ke tahap berikutnya yakni tinjauan lapang sebelumnya akhirnya ditetapkan sebagai juara”, pungkasnya.

Sementara pengumuman akan disampaikan pada malam awarding yang rencana akan digelar pada akhir Agustus atau awal September 2022 mendatang. (Adv)