Praveen/Melati Resmi Dicoret Dari Pelatnas PBSI. Ini Alasannya | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
Praveen/Melati

Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva (Foto: Reuters)

Satukanal.com, Nasional Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva resmi dicoret dari Pelatnas. Hal itu sudah diumumkan langsung PBSI, Jumat (28/1/2022).

Sebelumnya, Kabar Praveen/Melati dicoret telah hangat dibicarakan sejak pertengahan Desember 2021 lalu. Teka-teki itu pun kini telah dijawab oleh PBSI.

Kepastian Praveen/Melati tak lagi menjadi penghuni pelatnas diketahui berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor SKEP/007/1.3/I/2022 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna bersama Sekjen PBSI Irjen Pol Muhammad Fadil Imran di Jakarta pada 24 Januari 2022.

Terkait dicoretnya pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva dari Pelatnas PBSI 2022, Pelatih ganda campuran PBSI Nova Widianto mengungkapkan alasannya.

Pasangan juara All England 2020 itu dianggap tak memenuhi harapan selama satu tahun terakhir. Performa keduanya menurun drastis dan terus jadi sorotan sepanjang 2021.

Baca Juga :  UTBK 2022 Dimulai Hari Ini, Cek Alur Pelaksanaan serta Dokumen yang Wajib Dibawa

“Benar Praveen Jordan/Melati Daeva tak masuk pelatnas kali ini. Ada beberapa parameter yang kami gunakan untuk Pelatnas 2022 ini. Pertama prestasi. Prestasi mereka satu dua tahun ini seperti apa, kedua usia, ketiga berapa lama mereka sudah di pelatnas, dan terakhir karakter” kata Nova Jumat (28/01/2022) dikutip dari kompas.com.

Setelah menjuarai All England 2020, penampilan Praveen/Melati anjlok. Tak ada gelar yang berhasil dicapai. Catatan terbaik keduanya runner up Thailand Open 2020 dan Hylo Open 2021.

Alasan lainnya PBSI ingin melakukan regenerasi di ganda campuran. Hal ini terpaksa ditempuh demi mencapai target bisa meraih medali di Olimpiade 2024 Paris.

“Setelah All England hasilnya tidak memuaskan, dan kami di PBSI ingin ada regenerasi. Yang pasti satu dua tahun ini ganda campuran ini belum bisa mengumbang gelar,” ucap Nova.

Baca Juga :  Gunung Anak Krakatau, Kini Berstatus Level III

Kini prestasi di sektor ganda campuran bertumpu pada adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine, juga beberapa pasangan muda lainnya

Kemudian, sebagai gantinya dicoretnya Praveen/melati, terdapat nama-nama baru di sektor ganda campuran. Sebut saja Zachariah Josiahno Sumanti, Hediana Julimarbela, Rehan Naufal Kusharjanto dan Lisa Ayu Kusumawati.

Sementara di sektor lainnya, tidak ada perubahan yang signifikan. Ganda putra masih diisi nama seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Di bagian ganda putri, duet Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih tetap menjadi andalan. Mereka juga ditemani oleh beberapa pasangan lainnya, seperti Siti Fadia/Ribka Sugiarto.

(Adinda)