Polresta Mojokerto Ringkus Pelaku Penggelapan, 12 Mobil Mewah Disita | SATUKANAL.COM
Mojokerto

Caption: Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan, memberikan penjelasan ke media dalam sesi konferensi pers di Mapolresta Mojokerto, Selasa (5/7/2022). Doc: Alawi/Satukanal.com

Satukanal.com, Mojokerto – Polresta Mojokerto berhasil membekuk pelaku penggelapan mobil berinisial AD, warga Dusun Tuwiri, Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Aksi terakhir yang dilakukan tersangka AD berlangsung pada Sabtu (11/6/2022) lalu. Korbannya adalah AR, warga Dusun/Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri.

Penggelapan yang dilakukan tersangka AD ini bermula saat yang bersangkutan menawar Mobil Pajero Sport milik korban AR lewat media sosial. Akhirnya terjadi kesepakatan antara keduanya, mobil  tersebut hendak dibeli AD dengan mahar Rp198 juta.

Untuk meyakinkan AR, tersangka AD memberikan uang muka sebesar Rp28 juta. Setelahnya AD mengajak AR bertemu di sebuah kantor leasing di Kota Mojokerto dengan alasan untuk mencairkan dana pembayaran.

Nahas, saat uang pembayaran belum diterima oleh AR, Mobil Pajero Sport tersebut justru dibawa kabur oleh AD.

Baca Juga :  Modus Guru Agama Cabul di Sooko Mojokerto, Korban Dicekoki Video Porno Sebelum Dicabuli

“Pelaku membeli mobil dengan cara di-DP, kemudian dijual. Hasil penjualan mobil digunakan untuk kredit mobil, mobil kreditan dijual lagi,” ungkap Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan, Selasa (5/7/2022).

Rofiq menuturkan, pihaknya berhasil meringkus AD saat yang bersangkutan berada di rumah temannya, di Perumahan Watasa, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

“Pada hari Senin 13 Juni 2022 sekira jam 18.00 WIB, petugas mendapat informasi dari masyarakat tentang keberadaan terduga pelaku yang berada di daerah Perumahan Watasa Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo,” beber Rofiq.

“Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan terkait dengan informasi, sehingga pada pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022 sekira jam 20.30 WIB petugas melakukan penangkapan terhadap pelaku,” lanjut dia.

Baca Juga :  Begal Payudara Gentayangan dan Resahkan Warga Trawas Mojokerto, Ibu Muda Ini Jadi Korban

Setelahnya, kata Rofiq, AD beserta barang bukti diangkut ke Polresta Mojokerto.

Sementara dari tangan AD polisi berhasil mengamankan barang bukti 12 mobil mewah. Di antaranya satu unit Mobil Honda Jazz Ge8 1.5 S MT CKD warna hitam mutiara dengan nomor polisi AG 1004 CE.

Rupa-rupanya, tidak hanya AR yang menjadi korban AD. Kepada aparat, AD mengaku kerap melakukan aksi serupa yang juga menyasar usaha rental mobil di Kota Mojokerto.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini AD mendekam di sel tahanan Mapolresta Mojokerto.

Ia terancam pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Pewarta: Alawi
Editor: Hadi