Polda Jatim Amankan Seorang Tersangka Kasus Ledakan Petasan Di Badas Kediri
May 22, 2022
Ledakan Petasan

Caption: Lokasi insiden ledakan petasan di Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Polda Jawa Timur menangani langsung kasus ledakan petasan di Dusun Balungcino, Desa Blaru, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri.

Seorang warga setempat berinisial F telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan indentifikasi dan sterilisasi lokasi kejadian di sekitar TKP.

Hasilnya, pihaknya menetapkan F sebagai tersangka. Kini tersangka F juga telah diamankan polisi.

“Satu pelaku sudah diamankan dengan inisial F, saat ini sudah ditangani dalam proses penahanan,” kata Totok usai olah TKP, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Walkot Kediri Imbau Pedagang Jalan Dhoho Tak Seenaknya Naikan Harga

Dia menjelaskan, tersangka F merupakan pemilik sekaligus pembeli bahan baku petasan.

Sementara tersangka F lah yang memperkerjakan sejumlah warga yang menjadi korban ledakan. Tugas para korban yakni merakit dan membuat petasan.

“Peran pelaku F adalah pemilik (sekaligus) pembeli bahan baku petasan. Sejumlah korban lainnya dipekerjakan oleh saudara F untuk merakit dan meracik petasan,” jelas Totok.

Untuk pemicu ledakan petasan, Polda Jatim melalui Tim Labfor juga sudah melakukan identifikasi. Hasilnya ledakan petasan diduga karena gesekan panas sakelar.

Baca Juga :  Kakek di Kediri Ini Diringkus Polisi Gegara Cabuli Bocah 9 Tahun

“Dan kemungkinan pemicu meledak adalah dari listrik lampu yang rusak di TKP, bukan konsleting listrik, tapi panas listrik di lokasi ada temuan pitching (saklar) rusak,” ungkap Kabid Labfor Polda Jatim, Kombes pol Sodiq Pratomo.

Diberitakan sebelumnya, ledakan petasan mengakibatkan sejumlah lima orang luka-luka di Dusun Balungcino, Desa Blaru, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jumat (29/4/2022).

Sejumlah korban sudah dilakukan perawatan di RS HVA Pare, yang kemudian dirujuk RS Bhayangkara.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi