Piala AFF U-16 Indonesia Vs Singapura, Garuda Bantai Singapura 9-0
Indonesia vs Singapura

Piala AFF U-16 Singapura vs Indonesia (Foto: suara.com)

Satukanal.com, Internasional Hasil Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF U-16, laga matchday kedua Grup A berhasil dimenangi oleh Timnas U-16 Indonesia dengan skor 9-0. Bermain di Stadion Maguwarjo, Sleman, Yogyakarta pada Rabu (3/8/2022), tuan rumah menunjukkan kelasnya.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Singapura

Di babak pertama, Indonesia mencetak enam gol dan menambah tiga gol setelah jeda pertandingan. Adapun enam gol di babak pertama disumbangkan oleh Muhammad Nabil Asyura, dua gol M. Kalifiatur Rizky dan satu gol Mokh. Hanif Ramadhan.

Tak berselang lama dari kickoff, dua menit setelah Indonesia berhasil unggul 1-0 melalui tendangan Nabil. Tendangan kaki kirinya berhasil membobol gawang Singapura yang dijaga oleh Efan Qiszman. Unggul 1-0, skuad Garuda nampaknya makin bermain gahar.

Hampir unggul 2-0 lewat tendangan jarak jauh Muhammad Riski Afrisal, sayangnya tendangan tersebut menyamping di sisi kanan gawang. Tak menyerah, Indonesia kemudian menambah keunggulan di menit 17 melalui gol kedua Nabil.

Stiker asal Payakumbuh itu mencetak gol dengan tandukannya yang menyambar crossing cantik Rizdjar Nurviat Subagja. Nabil pun kembali menunjukkan aksinya di menit ke 29, gol ketiga tercipta lewat umpan manis dari lini tengah yang disambar sundulan kepalanya.

Enam menit setelahnya, Indonesia U-16 menambah gol jadi 5-0. Giliran Rizky berhasil membuat gol dengan menyikat umpan tarik ciamik dari Arkhan Kaka Putra Purwanto. Tim merah putih pun mengukuhkan keunggulannya di tiga menit jelang babak pertama usai, Kalfiatur mencetak gol dengan kaki kirinya dari dalam kotak penalti.

Baca Juga :  Timnas Indonesia U-16 Disebut Bisa Kalahkan Myanmar di Semifinal Piala AFF, Begini Alasannya

Hingga turun minum, skor 6-0 Indonesia vs Singapura diungguli oleh timnas Merah Putih. Sedangkan tiga gol, pengukuh kemenangan Indonesia diciptakan oleh Muhammad Riski Afrisal,tendangan penalti Wally Marifat dan gol I Komang Ananta Krisna Putra.

Riski Afrisal sukses menorehkan gol ke-7 bagi tim Merah-Putih dalam laga Indonesia vs Singapura. Dengan sepakan keras kaki kirinya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang, dia membuat kiper lawan tak berkutik.

Pada menit 66, Indonesia U-16 hampir menjauh dengan keunggulan 8-0 di laga Indonesia vs Singapura. Sayangnya, peluang satu lawan satu yang didapat Wally Marifat berhasil digagalkan oleh Efan Qiszman yang dengan sigap menepis tendangannya.

Pada akhirnya, pasukan Bima Sakti berhasil unggul 8-0 pada menit 79 lewat Wally Marifat yang menggetarkan jala gawang Singapura lewat tendangan penaltinya.

Menjelang akhir babak kedua , I Komang Ananta Krisna Putra melengkapi kemenangan Indonesia menjadi 9-0 dengan golnya di menit 92. Gol tersebut sekaligus menutup pesta Indonesia vs Singapura U-16.

Susunan pemain Indonesia vs Singapura:

Singapura U-16 (4-4-2): Efan Qiszman bin Azman; Hadirul Harraz, M. Shaddiq, Kegan Phang Jun, Ilham Iskandar; Jovan Ang, Jonan Tan En Yuan, M. Qaisy bin Noranzor, M. Rasul bin Ramli; Matthias Josaphat Koesno, Sahoo Garv.

Pelatih: Angel Toledano Flores

Indonesia U-16 (5-3-2): Andhika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, M. Andre Pangestu, M. Ridho Al Ikhsan, M. Iqbal Dwijanggae; Mokh. Hanif Ramadhan, M. Kalifiatur Rizky, M. Riski Afrisal; Arkhan Kaka Putra Purwanto, M. Nabil Asyura.

Baca Juga :  Jadwal Semifinal AFF U-16, Indonesia Vs Myanmar

Indonesia Tempati Posisi Pertama Klasemen Grup A

Sementara di laga lain, Vietnam berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 5-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul. Vietnam memberondong Filipina lima gol lewat aksi Phan Thanh Duc Thien (38’, 55’), Le Dinh Long Vu (43’) serta Hoang Cong Hau (57’, 72’).

Hasil ini membuat Filipina dan Singapura sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022. Kini, persaingan meruncing antara Indonesia dan Vietnam.

Kemenangan 9-0 atas Singapura membuat timnas Indonesia U-16 untuk sementara menguasai posisi puncak klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan koleksi enam poin plus +11 selisih gol.

Sebelum laga ini, Garuda Asia berhasil mengalahkan Filipina 2-0 pada matchday pertama Grup A 31 Juli lalu. Sementara Vietnaam berada di bawah Indonesia dengan jumlah poin setara, tetapi kalah dalam jumlah selisih gol yakni +9. Sebelum membantai Filipina 5-0, mereka menang 5-1 atas Singapura di matchday pertamanya.

Hasil ini membuat matchday terakhir Grup A antara Indonesia vs Vietnam akan jadi laga penentuan siapa tim yang berhak lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Sebagai informasi, Piala AFF U-16 2022 memiliki format di mana pemuncak klasemen dari tiga grup yang ada berhak lolos otomatis ke semifinal. Sedangkan satu slot semifinal lain akan diberikan kepada runner-up terbaik dari tiga grup. Berikut klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022:

  • Indonesia 6 +11
  • Vietnam 6 +9
  • Filipina 0 -7
  • Singapura 0 -13
  • Pelatih: Bima Sakti

 

(Adinda)