SATUKANAL.COM
Kediri
Caption: Lokasi kejadian bencana alam tanah longsor di di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. (Doc: Istimewa)
BERITA Kanal Highlight Kediri Raya

Petugas Gabungan Bersihkan Puing Reruntuhan 4 Titik Longsor di Desa Jugo Kediri

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Petugas gabungan bersama-sama bergotong royong membersihkan puing rumah pascaterdampak tanah longsor di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jumat (24/6/2022).

Selain sebuah rumah, ada tiga titik lain yang juga terdampak longsor dan dibersihkan oleh petugas.

Wakil Komandan Koramil 0809/06 Mojo, Peltu Barno mengatakan, pihaknya bersama Polri, BPBD, dan warga bergotong royong membersihkan material bangunan rumah yang roboh akibat longsor, Kamis (23/6/2022) malam.

Bersama petugas gabungan, kata Barno, pihaknya juga akan membangun tiang-tiang penahan tebing untuk mengantisipasi bencana longsor susulan.

“Kami bersama petugas gabungan akan mendirikan tiang-tiang penahan, dan akan digunakan untuk menahan tebing agar tidak longsor,” ujar Peltu Barno, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga :  Menikmati Kuliner Rawon dan Soto Seharga ‘Parkir’ di Kota Kediri, Soto Ayam Cuma Rp 2.000!

Di wilayah Kecamatan Mojo sendiri ada empat titik yang terjadi longsor. Tiga titik longsor terjadi di bahu jalan, dan satu titik menimpa rumah milik Slamet.

Untuk titik longsor lainnya terjadi di Dusun Besuki, RT 02, RW 01, yang berdampak pada teras rumah Parin, warga setempat.

“Terus dua titik lainnya di penahan Jalan Mojo-Besuki, Dusun Jugo, RT 08, RW 02,” papar Barno.

Kapolsek Mojo, AKP Pancoro menambahkan, selama proses kerja bakti keluarga Slamet akan tinggal di kandang yang berada di sebelah rumahnya.

Baca Juga :  Menikmati Kuliner Rawon dan Soto Seharga ‘Parkir’ di Kota Kediri, Soto Ayam Cuma Rp 2.000!

“Sementara korban Slamet dan keluarganya akan tinggal di kandang, sambil menunggu proses renovasi rumahnya yang tidak bisa ditempat lagi,” tutur Pancoro.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agata mengatakan, bencana longsor ini terjadi akibat hujan deras dalam kurun waktu satu jam pada Kamis (23/6/2022) sore.

“Karena hujan deras, kejadian jam 16.00 sore. Kalau hujannya mulai jam 15.00 sore,” beber Randy.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com