Persiapkan Mahasiswa Terjun Ke Dunia Kerja, Universitas Brawijaya Bikin Center Of Excellence | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Kota Malang – Rektor baru Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc tengah gencar mengimplementasikan visi misinya untuk menjadikan pendidikan di perguruan tinggi memiliki link and match dalam dunia usaha maupun industri.

Hal ini dibuktikan dengan dibukanya program Center of Excellence (CoE) sebagai strategi pengembangan untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh dunia usaha, industri, hingga masyarakat.

“Setelah mahasiswa lulus memiliki kompetensi bagus sehingga mudah terserap di dunia kerja, baik industri, bisnis, maupun mengembangkan usaha sendiri. Mahasiswa diajarkan kompetensi yang link and match dengan kebutuhan dunia usaha atau industri begitupun dengan universitas yang harus mewadahi dengan CoE ini,” ujarnya dalam kegiatan Bincang dan Obrolan Santai (Bonsai) pada Senin (18/7/2022).

CoE juga dirancang sebagai faktor pendukung terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang nantinya menjadi pusat pengembangan keilmuan, pembinaan kemahasiswaan, serta pusat lahirnya inovasi. Tak hanya berhenti sampai di situ, Prof. Widodo pun berambisi menjadikan CoE sebagai pusat peradaban.

“Harapannya kita bisa menghidupkan lagi nilai dan budaya, serta SDM lokal Indonesia untuk dibawa ke ranah global. Kita ingin jadi center pengembangan peradaban yang sesuai dengan local wisdom,” sambungnya.

Hal yang sama diutarakan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Abdul Hakim bahwa MBKM dirancang untuk membangun softskill mahasiswa supaya dapat terintegrasi dengan dunia kerja.

“Makanya ada magang bersertifikat, studi independen, mahasiswa mengikuti riset atas inisiatif sendiri, program wirausaha, pengmas, yang dilakukan sistematis minimal 4-6 bulan karna ada rekognisi 20 sks,” ujar Prof. Abdul Hakim.

Sementara itu, Universitas Brawijaya dalam program MBKM mendapatkan hibah sebesar Rp. 6 miliar yang dialokasikan kepada 60 persen dari 750 mahasiswa di seluruh perguruan tinggi dari Direktorat Kemahasiswaan.

 

Pewarta: Lutfia 

Editor: Ubaidhillah

Advertisements