SATUKANAL.COM
Malang
Caption: Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani (Foto: Lutfia/Satukanal.com)
BERITA Jatim Malang Raya

Permintaan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang Membeludak 4 Kali Lipat, Mayoritas untuk Umroh dan Haji

Satukanal.com, Kota Malang – Permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang mengalami peningkatan sebanyak empat kali lipat di tahun 2022.

Hal itu Dssampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani.

Ramdhani menuturkan, total pelayanan paspor pada tahun 2021 hanya sekitar 4.000 permohonan. Sementara tahun 2022 tercatat ada lebih dari 16.000 permohonan paspor.

Kenaikan permintaan paspor ini pada umumnya disebabkan oleh perubahan status pandemi menjadi endemi, yang membuat beberapa negara mulai membuka diri terhadap kedatangan turis.

“Banyak sekali warga negara kita yang akan melakukan kegiatan ibadah seperti umroh dan haji, serta melakukan kegiatan wisata maupun berkunjung ke keluarga mereka di luar negeri. Tapi saat ini paling banyak adalah untuk umroh dan haji,” ujar Ramdhani, Senin (20/6/2022).

Baca Juga :  Permudah Masyarakat Bayar Pajak, SPPT PBB 2023 di Kota Malang Dilengkapi dengan QRIS

Ramdhani melanjutkan, pihak Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang sempat membuka penambahan kuota tiga kali lipat lebih besar akibat membeludaknya permintaan paspor.

Menurutnya, langkah tersebut memang harus dilakukan mengingat mobilitas masyarakat juga semakin tinggi.

“Masalah pelayanan paspor harus bisa mengikuti irama yang ada pada masyarakat. Kita juga melakukan kegiatan untuk eazy passport dan reach out (menjangkau) terhadap masyarakat seperti janji saya,” bebernya.

Baca Juga :  Arema FC Diisukan Bubar

Sebagai informasi, eazy passport merupakan pelayanan permohonan paspor dengan cara jemput bola, sehingga dapat semakin mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, juga terdapat layanan paspor simpatik yang mana pemohon tidak perlu khawatir untuk melakukan permohonan di luar jam kerja.

“Masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya pelayanan paspor maupun izin tinggal juga bisa mengunduh aplikasi M-Paspor. Kami berharap masyarakat bisa merasakan pelayanan kita lebih baik dan optimal,” pungkas Ramdhani.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com