Peringatan Hari Anak Nasional, PPA Kecam Dugaan Pencabulan Oknum Guru Di Kota Kediri | SATUKANAL.COM
Kediri

Caption: Sejumlah emak-emak membentangkan spanduk tuntutan dalam aksi peringatan Hari Anak Nasional di Alun-alun Kota Kediri, Sabtu (23/7/2022) pagi. Doc: Anis/Satukanal.com

Satukanal.com, Kota Kediri – Pegiat Perlindungan Anak (PPA) Kota Kediri turun ke jalan sebagai bentuk peringatan Hari Anak Nasional di Alun-alun Kota Kediri, Sabtu (23/7/2022) pagi.

Aksi yang didominasi kalangan emak-emak ini menyuarakan penolakan tindak kekerasan kepada perempuan dan anak, serta mengecam dugaan pencabulan siswa oleh oknum guru di Kota Kediri.

“Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, tolak segala bentuk kekerasan seksual terhadap anak,” seru Korlap Aksi PPA Kota Kediri, Endah Andarwati, dalam orasinya, Sabtu (23/7/2022) pagi.

Dalam aksi kali ini, PPA Kota Kediri membawa sejumlah poin tuntutan. Di antaranya pihaknya mendukung penuh upaya penegakan hukum kepada pelaku tindak pidana kekerasan terhadap anak.

Kedua, mendukung upaya penegakan hukum terhadap kejahatan seksual terhadap anak yang objektif, professional, dan transparan.

Ketiga, pihaknya juga mendukung langkah-langkah yang dilakukan Polresta Kediri dalam perkara dugaan pencabulan peserta didik oleh oknum guru.

“Namun tetap mengedepankan perlindungan terhadap korban, dan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak,” ucap Endah.

Kasat Reskrim Polresta Kediri, AKP Tomy Prambana, menyambut positif atas sejumlah tuntutan yang dibawa massa aksi peringatan Hari Anak Nasional hari ini.

Polresta Kediri, kata Tomy, berjanji senantiasa menjamin keamanan, dan perlindungan terhadap tindak pidana kekerasan perempuan dan anak di wilayah hukumnya.

Untuk itu, lanjut Tomy, pihaknya bakal membentuk Satgas untuk menangani tindak perkara pidana dugaan pencabulan dan kekerasan seksual.

“Pada kesempatan ini kita sampaikan Polres Kediri Kota akan bentuk Satgas menolak segala bentuk kekerasan perempuan dan anak. Turut melibatkan lembaga perlindungan anak dan sinergi instansi- instansi terkait,” pungkas dia.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi

Advertisements