Perda Retribusi PBG Disahkan, DPRD Kota Malang Minta Pemkot Segera Susun Perwal | SATUKANAL.COM
DPRD Kota Malang

Caption: Penandatanganan Perda Retribusi PBG dalam rapat paripurna di DPRD Kota Malang, Senin (27/6/2022). (Foto: Lutfia/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – DPRD Kota Malang telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dalam rapat paripurna di DPRD Kota Malang, Senin (27/6/2022).

Tak ingin Perda yang telah disahkan tumpul, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mendesak Pemkot Malang untuk segera menyusun Peraturan Wali Kota (Perwal).

“Kita akan kejar, terutama di Perwal-nya akan kita perdalam lagi. Nanti Komisi C dan B yang akan kita minta karena retribusi berkaitan dengan Komisi B, dan terkait bangunannya di Komisi C untuk mengawasi dengan ketat, karena ini masih transisi awal,” kata Made saat ditemui usai rapat paripurna.

Baca Juga :  Tak Perlu Malu Berpenampilan Nyentrik, Kini Muda Mudi Kota Malang Dapat Nongkrong dengan Berbagai Gaya di Kayutangan!

Made menuturkan, pihaknya memberikan tenggat sebulan dari ditandatanganinya Perda Retribusi PBG kepada Pemkot Malang untuk menyusun Perwal.

Untuk memperlancar penyusunan Perwal, ujar Made, panitia khusus yang semula melakukan penyusunan Perda akan dikerahkan untuk melakukan pengawasan.

“Kita akan awasi bareng-bareng, dan Pansus juga mengawasi Perwal-nya. Kita sudah maraton garap Perda-nya, kalau Perwal tidak segera turun maka Perda ini akan tumpul, karena tidak ada juklak-juknisnya,” tutur Made.

Wakil Wali Kota Malag, Sofyan Edi Jarwoko, menyebut dengan adanya Perda Retribusi PBG masyarakat Kota Malang semakin dimudahkan terutama untuk pengajuan izin pendirian bangunan (IMB).

Baca Juga :  Persiapkan Mahasiswa Terjun ke Dunia Kerja, Universitas Brawijaya Bikin Center of Excellence

Pengajuan IMB tersebut dipermudah dengan memanfaatkan teknologi perizinan via online, melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG).

“Upaya ini untuk menguatkan kembali bahwa kita betul-betul ingin meningkatkan layanan, dan presisi perizinan yang diberikan sesuai dengan masyarakat yang mengajukan izin. Ini pasti akan berdampak pada percepatan pembangunan di Kota Malang, karena Perda-nya sudah selesai,” ungkap Sofyan Edi.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi