Ini Perbedaan Paspor Baru Dan Lama, WNI Hendak Keluar Negeri Wajib Tahu! | SATUKANAL.COM
Perbedaan Paspor Baru dan Lama

ilustrasi paspor (Foto:; Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Tahukah anda perbedaan paspor baru dan lama? Adapun perbedaan antara paspor baru dan lama yang perlu anda ketahui. Apalagi, bagi anda yang sering melakukan perjalananluar negeri.

Nah, baru-baru ini publik sempat dihebohkan dengan paspor WNI yang ditolak oleh Kedutaan Besar Jerman dengan alasan tidak valid. Penolakan ini seiring dengan keluarnya paspor baru. Memang, apa bedanya paspor baru dan lama?

Adapun Kedubes Jerman  memberikan klarifikasi mengenai masalah ini. Penolakan terhadap pasopr Indonesia dikarenakan tidak terdapat kolom tanda tangan, kata Kedubes Jerman melalui situs resminya.

Lebih lanjut kedubes Jerman menjelaskan bahwa kolom endorsement tidak diakui dalam paspor sebagai pengganti kolom tanda tangan. Hal itu mengakibatkan paspor WNI tidak dapat diproses.

Meskipun demikian, kedubes juga menjelaskan bahwa jika nantinya ada perubahan situasi, kedubes akan segera menginformasikannya. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan Paspor baru dan lama.

Perbedaan Paspor Baru dan Lama

Sejak tahun 2021, Ditjen imigrasi meniadakan kolom tanda tanan pada paspor. Nah, seperti apa perbedaan antara paspor baru dan lama yang menimbulkan polemik ini?

Perbedaan antara paspor lama dan paspor baru itu ada pada halaman belakang paspor, di mana:

  • Pada paspor lama (seri A) terdapat kolom tanda tangan pemegang pada halaman belakang paspor.
  • Paspor baru (seri B) tidak terdapat kolom tanda tangan pemegangnya.

Meskipun tidak ada tanda tangan pemegangnya, desain Indonesia yang baru tersebut sudah mengacu kepada  Keputusan Menteri Hukum dan HAM R.I Nomor M.HH-01.GR.01.03.01 Tahun 2019 tentang Spesifikasi Teknis Pengamanan Khusus Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Penjelasan Resmi Ditjen Imigrasi

Melalui akun instaram resmi @ditjen_imigrasi menjelaskan sehubungan dengan pengumuman penolakan paspor RI desain terbaru yang di dalamnya tidak memuat kolom tanda tangan pemegang paspor oleh Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Jakarta, Direktorat Jenderal Imigrasi mengklarifikasi beberapa hal sebagai berikut:

  • Ditjen Imigrasi menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan ini yang berdampak secara langsung kepada masyarakat yang sedang mengajukan visa Jerman atau visanya sudah terbit, tapi tidak bisa berangkat ke Jerman;
  • Saat ini tim dari Ditjen Imigrasi tengah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri RI untuk membahas permasalahan tersebut dengan Kedutaan Jerman di Jakarta;
  • Ditjen Imigrasi akan menyampaikan hasil keputusan maupun solusi atas permasalahan ini kepada masyarakat dalam waktu secepatnya.

Demikian itu penjelasan sehubungan dengan perbedaan paspor baru dan lama. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda.

 

(Adin)

Advertisements