Punya Masalah Kulit Berminyak? Ikuti 6 Perawatan Wajah Ini | SATUKANAL.COM
Kulit Berminyak

ilustrasi perawatan Kulit Berminyak (Foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, NasionalKulit berminyak dapat melewati masa-masa sulit karena kelenjar sebaceous-nya terlalu aktif dan menghasilkan sebum berlebih. Ini berkontribusi pada masalah wajah dan kulit yang berminyak seperti jerawat, komedo, pori-pori membesar atau tersumbat.

Pertama, Anda harus mengetahui hal-hal negatif tentang kulit berminyak. Kurang rentan terhadap kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Ini terutama karena minyak cenderung memerangkap kelembapan di lapisan terluar kulit, yaitu epidermis.

Perawatan Wajah Untuk Masalah Kulit Berminyak

Polusi dan kotoran dapat menyebabkan komedo (benjolan kulit) pada orang dengan kulit sangat berminyak. Solusi untuk ini adalah mengontrol produksi minyak dengan mengikuti beberapa tips kecantikan dan perawatan kulit sederhana untuk kulit yang berminyak.

1. Membersihkan Wajah

Salah satu cara yang benar dan terbukti untuk mengontrol minyak berlebih adalah dengan membersihkannya dan menjaganya tetap bersih. Mencuci muka dua atau tiga kali sehari penting untuk menghilangkan semua akumulasi kotoran dan penumpukan minyak yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat, dll.

Pembersih berbasis gel atau berbusa direkomendasikan untuk kulit yang berminyak. Carilah pembersih/pencuci wajah yang bebas minyak. Sabun obat juga cocok untuk membersihkan kulit yang berminyak. Namun, hindari menggunakan teknik pembersihan abrasif.

Hal ini menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya, menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak. Carilah produk dengan satu atau lebih bahan berikut: asam salisilat, minyak pohon teh, nimba, kunyit, dan madu.

2. Scrub Wajah

Pengelupasan kulit seminggu sekali atau dua kali sangat penting. Ini adalah tip lain yang sangat penting untuk kulit berminyak.

Sebum berlebih yang dihasilkan menyebabkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, yang dapat menyebabkan jerawat, komedo, dan tentu saja membuat kulit Anda terlihat kusam. Sekali lagi, lakukan dengan lembut dan jangan menggosok kulit Anda terlalu keras.

3. Toner Bebas Alkohol

Memakai toner harian akan membantu menghilangkan sebum berlebih dan mencegah kotoran pada kulit Anda. Selain itu, toner ini mampu membantu menyegarkan kulit dan menjadi penyelamat bagi wajah yang berminyak.

Perawatan kulit dengan air mawar adalah toner yang sangat baik. Anda juga dapat menggunakan merek toko obat bebas alkohol yang bagus untuk membantu mengatur sebum.

4. Pelembab Wajah

Berlawanan dengan kepercayaan populer, kulit yang berminyak membutuhkan air dan kelembapan. Menghilangkan kelembapan dari kulit Anda hanya akan menyebabkan kelenjar sebaceous Anda memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan sebum, jadi pilihlah pelembab yang bebas minyak, berbasis air, dan non-komedogenik.

5. Tabir Surya

Karena takut berminyak, banyak wanita dengan jenis kulit yang berminyak menghindari tabir surya. Hasil akhirnya – bintik-bintik coklat, bintik-bintik berpigmen, dan bintik-bintik akibat terbakar sinar matahari.

Jadi pilihlah tabir surya berbasis gel, atau tabir surya terbaik untuk kulit berminyak yang tidak membuat wajah menjadi kusam dan memberikan perlindungan matahari yang memadai.

Hindari makanan yang tidak sehat dan manis. Minum cukup air untuk tetap terhidrasi dan membuang racun, makan setidaknya satu buah setiap hari, dan sertakan sayuran hijau dalam makanan Anda. Semua ini bekerja sama untuk mengatur jumlah sebum yang dihasilkan kulit Anda.

6. Masker Wajah

Oleskan masker wajah setelah eksfoliasi. Langkah mingguan dalam tips perawatan kulit yang berminyak ini juga sangat penting.

Masker yang mengandung tanah liat kaolin dan bentonit, kayu cendana dan tanah yang lebih penuh (multani mitti), paket wajah atau masker ini sangat bagus untuk kulit berminyak karena menyerap minyak berlebih dengan lembut.

 

 

(silvia/adinda)

Advertisements