Penyekatan Mudik Kabupaten Kediri, Tak Berlaku Untuk Wilayah Karisidenan Kediri | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
Terbaru! Stiker Hologram Bakal Ditempel di Semua Kendaraan

Pemeriksaan kendaraan oleh pihak kepolisian (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)

Satukanal.com, Kediri – Kebijakan larangan mudik mulai diterapkan Pemerintah Kabupaten Kediri, Kamis (6/5/2021), hingga Senin (17/5/2021).

Namun, perihal larangan tersebut tak berlaku bagi mobilitas warga wilayah yang ditunjuk sebagai Karisidenan Kediri, seperti kota Kediri, Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek dan Blitar.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, mengatakan aktivitas kegiatan warga tak terlepas dari mobilitas di wilayah perbatasan kabupaten Kediri. Maka kebijakan larangan mudik, dikecualikan bagi mobilitas warga karisidenan Kediri.

“Telah disepakati wilayah karisidenan Kediri, mobilitasnya akan kita perbolehkan. Misalnya Jombang-Kediri, Tulungagung-Trenggalek-Kediri adalah perbatasan langsung karisidenan, jadi masih boleh,” kata Bupati Kediri, yang akrab disapa Mas Dhito.

Baca Juga :  Pemkab Bakal Tutup Pasar Hewan Jika Merebak Penyakit Mulut dan Kuku di Kediri

Kewaspadaan bagi pemudik dan pendatang dari luar karisidenan Kediri, selalu ditingkatkan dengan beberapa titik penyekatan jalan masuk Kabupaten Kediri. Yakni Simpang Tiga Mangkreng Purwoasri, Kecamatan Kandat, Kunjang, dan Kandangan.

Dia juga menegaskan kepada seluruh Aparatur Negeri Sipil (ASN) kabupaten Kediri, untuk tidak melakukan mobilisasi ke luar kota, atau mudik. Hal tersebut juga bentuk menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah kabupaten Kediri.

“Pesan untuk seluruh ASN, dan Perangkat Desa kabupaten Kediri. Dihimbau untuk tetap ditempatnya masing-masing. Tidak ada mobilisasi,” tegasnya.

Baca Juga :  Jenazah Wanita Asal Canggu Ditemukan di Hotel Kediri, Diduga Korban Pembunuhan

Sedangkan bagi pemudik, atau pendatang dari luar karisidenan Kediri, yang terlanjur masuk ke tingkat desa. Nantinya wajib akan dilakukan isolasi karantina mandiri tingkat Desa.

Dia juga menambahkan, sanksi bagi pemudik yang berada dalam penyekatan larangan mudik, untuk memutar balik arah, bagi yang diluar karisidenan Kediri.

“Namun begitu dari luar karisidenan Kediri, seperti Malang masuk ke Kediri tidak boleh. Kami menghimbau kalau nanti ada yang masuk ke Kediri, kita minta untuk kembali,” tutupnya. (Adv)