4 Penyebab Rambut Mudah Patah Yang Harus Diketahui | SATUKANAL.COM
penyebab rambut mudah patah

ilustrasi rambut mudah patah (Foto: unsplash)

Satukanal.com, Nasional – Tahukah kamu apa penyebab rambut mudah patah? Hal ini pun kerapkali menjadi keluhan bagi setiap perempuan. Bagaimana tidak, setiap perempuan pastinya ingin memiliki rambut yang sehat dan indah.

Bagi kaum hawa, rambut merupakan sebuah mahkota yang sangat berarti dan perlu dirawat. Namun, tanpa disadari gaya hidup yang membuat kamu harus beraktivitas di dalam dan di luar ruangan secara terus menerus dapat berdampak pada rambut. Rambut kamu dapat mengalami permasalahan seperti patah dan kusam.

Memang sangat tidak nyaman bila mengalami kerusakan rambut, apalagi rambut menjadi hal utama yang sangat terlihat dan menggambarkan penampilan rapi atau tidaknya. 

Penyebab Rambut Mudah Patah

Aktivitas yang membuat kamu harus berada di dalam dan di luar ruangan secara terus menerus dapat berdampak pada rambut. Rambut kamu dapat mengalami permasalahan seperti rambut patah dan kusam. Berikut 4 penyebab rambut mudah patah.

1. Terlalu sering Ikat Rambut

Penyebab rambut mudah patah pertama adalah terlalu sering mengikat rambut. Mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang dapat membuat rambut kekurangan sirkulasi udara dan rapuh. Terlebih mengikat rambut saat tidur. Usahakan untuk melepaskan rambut kamu agar dapat lebih bebas menerima udara dan beristirahat.

2. Sering Menggunakan Alat Pemanas Rambut

Suhu panas yang diterima rambut terus menerus dapat berasal dari sinar matahari dan juga suhu panas bahan alat styling rambut, seperti hair dryer. Paparan suhu panas yang berlebihan akan membuat rambut patah dan kusam.

3. Sering Berenang

Saat berenang di kolam renang, paparan air yang terkandung dalam kolam renang memang dapat membuat rambut rusak. Kandungan klorin dapat menjadi penyebab kerusakan rambut. Klorin sendiri adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan desinfektan dalam air. Klorin dapat menyerap minyak yang ada pada rambut. Sebaiknya jangan lupa untuk membilas rambut setelah berenang.

4. Menyisir Rambut saat Masih Basah

Karena alasan diburu waktu, kamu mungkin sering menyisir rambut saat masih basah agar tampak lebih rapi sehingga kamu bisa kembali melanjutkan aktivitas. Namun, ternyata hal ini merupakan kebiasaan yang salah dan perlu kamu tinggalkan. Pasalnya, rambut cenderung lebih rapuh saat basah sehingga lebih mudah patah. Sebaiknya, sisir rambut saat kondisinya setengah kering. 

 

 

(mewinsta/adinda)

Advertisements