Penonton Kompetisi Olahraga Di Wilayah PPKM 1-3 Diizinkan, Wajib Vaksin Booster | SATUKANAL.COM
kompetisi olahraga

Penonton ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah NTB (Foto: suara.com)

Satukanal.com, Nasional– Kompetisi olahraga yang berada di wilayah kategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-3 diizinkan oleh pemerintah dihadiri oleh penonton.

Meski demikian, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2022 tentang PPKM Jawa Bali, penonton yang hadir wajib sudah mendapatkan vaksin booster atau vaksin lengkap dan menunjukkan hasil negatif Covid-19 tes antigen pada hari pertandingan.

“Seluruh penonton yang hadir langsung di stadion wajib sudah divaksinasi booster atau vaksinasi lengkap dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan,” demikian bunyi poin aturan dalam Inmendagri.

Selain itu, pemerintah mengatur kapasitas penonton di setiap wilayah kategori PPKM. Untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 3, penonton yang hadir di stadion hanya boleh 50 persen dari kapasitas.

Kemudian, pada wilayah PPKM Level 2, jumlah penonton yang hadir maksimal 75 persen. Sedangkan, untuk wilayah yang menerapkan PPKM Level 1, kapasitas penonton bisa mencapai 100 persen.

Aturan lainnya yakni seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, dan penonton wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

Lebih lanjut, disebutkan pula bahwa seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi olahraga wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan.

Sebagai informasi, pemerintah memperpanjang PPMK Jawa Bali mulai Selasa (5/4/2022) hingga 18 April 2022. Perpanjangan PPKM ini tercantum dalam Instruksi Mendagri Nomor 20 Tahun 2022.

Mayoritas menerapkan PPKM Level 1 dan 2 dan hanya sebagian kecil di level 3 lantaran kasus positif Covid-19 terus menurun. Menurut, Luhut Binsar Panjaitan, tidak ada kabupaten/kota di Jawa-Bali yang menerapkan Level 4 pada perpanjangan kali ini. (adinda)

Advertisements