Pemkot Malang Persiapkan RSSA Sebagai Rumah Sakit Rujukan Utama Kasus Hepatitis Akut | SATUKANAL.COM
May 27, 2022

Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif (foto: lutfia/satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) menjadi salah satu rumah sakit rujukan apabila ditemukannya warga Kota Malang yang terserang hepatitis akut misterius.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif telah menyiapkan skema penanganan sebagai langkah preventif, meskipun hingga saat ini belum ditemukan kasus hepatitis akut di Bhumi Arema.

“Kita sudah siapkan RSSA sebagai rumah sakit rujukan utama apabila ada pasien dengan keluhan seperti yang ada di surat edaran Kementerian Kesehatan, atau rumah sakit lainnya yang ada di Kota Malang juga,” ujar dr. Husnul, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga :  Menkes Sebut Penyakit Hepatitis Akut Menular lewat Asupan Makanan dari Mulut

Ia menjelaskan bahwa terdapatt dua skema penanganan yang telah disiapkan. Skema pertama adalah penjaringan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), dan yang kedua adalah mengarahkan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) apabila diperlukan langkah tindak lanjut.

“FKTP itu menjaring ketika ada warga yang datang dengan keluhan sesuai dengan SE Kemenkes akan ditangani terlebih dahulu di sana dengan terapi suportif, suplemen, maupun edukasi. Tapi kalau dinilai di FKTP perlu pemeriksaan lebih lanjut, ada di FKTL,” jelasnya.

Sementara itu, pencegahan hepatitis akut misterius ini juga telah dilakukan melalui program Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) untuk anak-anak yang belum menginjak usia 1 tahun.

Baca Juga :  Apa itu Hepatitis Akut yang Ditetapkan WHO sebagai Kejadian Luar Biasa?

“Kalau kita imunisasi rutin yang ada di program, namanya IDL. Di dalamnya sudah ada imunisasi Hepatitis B, itu imunisasi dasar jadi yang sebelum usia 1 tahun,” lanjutnya.

Meskipun belum ada kasus ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati.

dr. Husnul juga meminta masyarakat untuk tidak perlu panik dan khawatir berlebihan. Langkah pencegahan yang juga dapat dilakukan oleh masyarakat adalah dengan berperilaku hidup bersih dan sehat terutama dalam memperhatikan konsumsi kebutuhan harian.

 

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah